5 Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan Masa Jabatan Tersingkat, Nomor Terakhir Berkuasa 2 Tahun

Kamis, 05 Januari 2023 - 13:20 WIB
loading...
A A A
Pakubuwono XI punya nama asli Raden Mas Ontoseno. Dia berkuasa kurang lebih selama 5 tahun, yakni dari naik takhta pada 1939 hingga 1944.

Sebelumnya Raden Mas Ontoseno bukanlah calon penerus takhta, melainkan adiknya lah yang lebih dipilih oleh sang ayah Pakubuwono X. Namun karena besarnya dukungan mayoritas elite keraton anti Belanda membuat Pakubuwono XI ini naik takhta.

3. Pakubuwono II

Sri Susuhunan Pakubuwono II adalah Raja Kesultanan Mataram yang berkuasa sejak 1726. Namun pada tahun 1745 dia mulai memindahkan Ibu Kota Mataram ke wilayah Solo. Saat itu juga berdirilah Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sehingga pria bernama asli Raden Mas Prabasuyasa ini terhitung menjabat sebagai Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada 1745 hingga 1749, yakni sekitar 4 tahun dia berkuasa di kerajaan barunya itu.

Baca juga : Sejarah Singkat dan Silsilah Raja dari Kasunanan Surakarta Hadiningrat

4. Pakubuwono V

Bernama asli Raden Mas Sugandi, yang naik takhta pada tahun 1820 dan berkuasa hingga 1823. Sehingga terhitung dia telah berkuasa selama 3 tahun.

Diketahui bahwa Pakubuwono V merupakan raja dibalik lahirnya Serat Centhini atau Suluk Tembangraras-Amongraga. Karya sastra tersebut dikatakan sebagai induk pengetahuan mengenai dunia dalam masyarakat Jawa, yang meliputi persoalan agama, kebatinan, kekebalan, dunia keris, karawitan dan tari, pertanian, adat istiadat, bahkan primbon.

5. Pakubuwono VIII
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)