Episode Baru Coklat Kita NJP Ethnotic, Angkat Musik Kontemporer dan Etnik

Kamis, 25 November 2021 - 08:58 WIB
loading...
Episode Baru Coklat Kita NJP Ethnotic, Angkat Musik Kontemporer dan Etnik
Press conference NJP Ethnotic di Studio Minuz, Bojong Koneng Atas, Bandung, Rabu (24/11/2021). Foto arif budianto
A A A
BANDUNG - Cokelat Kita Napak Jagat Pasundan (NJP) kembali hadir mengangkat tema baru yang lebih fresh, memadukan tontonan musik kontemporer dan etnik. Mengusung tema "Ethnotic", NJP akan tayang secara virtual sebanyak 13 episode, menggandeng komunitas seni dan narasumber ternama.

Cokelat Kita NJP Ethnotic adalah babak baru, setelah sebelumnya NJP Miang Tandang sukses digelar sebanyak 20 episode. Rencananya, Coklat Kita NJP Ethnotic akan hadir mulai Desember 2021 hingga Februari 2022. Suguhan budaya ini akan tayang setiap Rabu pukul 20.00 WIB di YouTube Channel Napak Jagat Pasundan Official.

Menurut perwakilan EO dari Enam CC Agus Pryoga, jika sebelumnya NJP mengangkat tema obrolan tentang kasundaan, seperti tema sastra jendra hingga millenial sunda, kali ini akan mengangkat tentang musik kontemporer atau musik etnik yang digarap dengan kekinian.

Episode Baru Coklat Kita NJP Ethnotic, Angkat Musik Kontemporer dan Etnik

Untuk tema ini, NJP mengusung komunitas Ethnic Creative Base (ECB). Sebuah komunitas musik yang bergerak di jalur kontemporer. Di luar negeri, komunitas ini sudah banyak dikenal atas karya-karya yang diusungnya. Menariknya dari ECB adalah mengangkat sisi seni yang jarang ditemukan.

"Kali ini kami ingin memberikan ruang bagi komunitas seni kontemporer untuk bisa mengapresiasikan dan menampilkan karya mereka di panggung NJP. Ada beberapa seniman yang dulu pernah booming kami angkat lagi di NJP ini," kata Yoga saat menggelar press conference di Studio Minuz, Bojong Koneng Atas, Bandung, Rabu (24/11/2021).

15 grup dari ECB yang akan tampil diantaranya Lingga Angling, Setiawan Ethnic, Mangasira, Wipper Production, Adit n Friends, Kyai Fatahillah, kunstmachi, Ramida, Jaya Swara, Java Ethnic, Pandita Mukti, Ethnoptogresive, Discoethnic, Sambasunda, dan Idea Percussion.

"Nanti ada Ismet Sambasunda, Tohpati, dan lainnya. Mereka pelopor musik kontemporer dan pernah booming di zamannya. Dengan kehadiran mereka, diharapkan generasi saat ini mengenal musik sunda," kata dia.

Tak hanya itu, juga akan hadir dari sanggar atau paguron yang melibatkan satu sanggar dari 10 kota atau kabupaten di Jawa Barat. Sedangkan narasumber akademisi dan praktisi akan hadir seperti Ismet Ruchinat (Ismet Samba Sunda), Lili Suparli, Ade Rudiana, Iwan Gunawan, Suhendi Adriyanto, Asep Nata, Tohpati, Boyke Snooker, dan lainnya.

Seperti Miang Tandang, NJP kali ini juga akan menghadirkan narasumber dan bintang tamu seperti Budi Dalton, Ira Indrawardana, Lili Supali, Sule, Doet Sumbang, Ronal Surapradja, Dadan Sunandar, Manshur Angklung, dan Asep Balon.

Tak kalah seru, sketsa NJP masih tetap menampilkan para seniman dan komedian Sunda seperti Ceu Popon, Aman-Amin (Kiansantang), Aep Bancet (Preman Pensiun), dan tokoh Cepot (wayang golek) yang dimainkan anak maestro dalang Asep Sunandar Sunarya, yaltu Bhatara Sena Sunandar dan Yogaswara Sunandar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)