Napak Tilas Kejayaan Jalur Garut, Super Adventure Dukung Deep Forest Challenge 2023

Senin, 02 Oktober 2023 - 09:54 WIB
loading...
Napak Tilas Kejayaan Jalur Garut, Super Adventure Dukung Deep Forest Challenge 2023
Press conference pelaksanaan Deep Forest Challenge (DFC) 2023 di Kabupaten Garut. (Foto: Arif Budianto)
A A A
GARUT - Super Adventure mendukung pelaksanaan event offroad skala nasional Deep Forest Challenge (DFC) 2023 selama lima hari di Kabupaten Garut, sejak 1 hingga 7 Oktober 2023. Event ini melibatkan para offroader dari berbagai daerah di Indonesia.

Keterangan pelaksanaan Deep Forest Challenge (DFC) 2023 dilakukan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan di Pendopo Kabupaten Garut, Sabtu (30/9/2023). Hadir perwakilan dari pihak terkait dan sponsor lainnya.

Offroad napak tilas kejayaan Garut akan mengarungi jarak sepanjang 17 kilometer dari Kecamatan Cikajang dan berakhir di Batu Tumpang, Kabupaten Garut. Selain offroad, juga digelar kegiatan lain, dengan empat kegiatan utama yaitu DFC Expedition, DFC Super Challenge, DFC Overland, dan DFC Dual Purpose.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, kegiatan offroad 4x4 ini diinisiasi oleh komunitas DFC. Kegiatan ini adalah upaya untuk membangkitkan kembali kejayaan masa lalu jalur stum. Jalur buatan Belanda yang pernah dipakai sebagai jalur untuk mengangkut hasil bumi di kawasan tersebut.

Pada zaman VOC sekitar tahun 1890, kata dia, Bupati Garut Kanjeng Bintang diundang ke Bandung untuk membuka jalur kereta api dari Cikajang ke Bandung. Pembukaan itu karena Belanda menyiapkan kawasan Cikajang tersebut sebagai pusat hortikultura.

"Tujuannya memasok bahan pangan seperti kentang, kopi, karet, dan lainnya ke Batavia dan kepentingan ekspor," kata Rudy.

Semangat mengembalikan kejayaan masa lalu di Garut ini, adalah alasan kenapa pihaknya menyambut baik kegiatan kolaborasi tersebut. Apalagi akan diisi kegiatan sosial bagi masyarakat yang ada di sekitar jalur, seperti penanaman pohon dan bantuan langsung untuk masyarakat.

Ketua Pelaksana DFC 2023, Leo Firmanto menjelaskan, kegiatan yang digagas oleh komunitasnya bukan sekedar event yang berfokus di bidang otomotif. Akan tetapi ada kegiatan tantangan untuk bertahan di hutan dengan bantuan mobilnya.

"Bagaimana cara para peserta ini bisa bertahan di hutan belantara dengan mengoptimalkan bantuan kendaraannya, sehingga peserta yang terpilih pun benar-benar yang sudah ahli di bidangnya," kata Leo.

Napak Tilas Kejayaan Jalur Garut, Super Adventure Dukung Deep Forest Challenge 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)