Meriah, Kolaborasi Apik Napak Jagat Pasundan Milangkala Pangandaran

Senin, 31 Oktober 2022 - 11:30 WIB
loading...
Meriah, Kolaborasi Apik Napak Jagat Pasundan Milangkala Pangandaran
Perwakilan Cokelat Kita NJP dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat memberikan social investment.
A A A
PANGANDARAN - Coklat Kita Napak Jagat Pasundan (NJP) 'Milangkala Satu Dekade Kabupaten Pangandaran' sukses digelar di Lapangan Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (29/10/2022). Event tersebut sukses menghadirkan pertunjukan menarik dan apik bagi masyarakat Pangandaran.

Acara menghadirkan kolaborasi pelaku seni lokal asal Pangandaran berkolaborasi dengan talent NJP. Acara dimulai dengan karnaval yang diikuti oleh warga Pangandaran. Sedangkan rangkaian acara NJP menghadirkan sanggar dan paguron yang ada di Kabupaten Pangandaran. Juga pemberian social investment bagi masyarakat terpilih. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pangandaran Jeje Wiriadinata.

Kesenian yang ditampilkan antara lain, Lebon Lingkung Seni Jembar Mustika, Sanggar Badud Rukun Sawargi, Kecapi Rajah Tunggal Padepokan Seni Jenggala Manik, Eok dan Gondang Sanggar Ligar Munggaran, Angklung Benjang Batok Sanggar Angklung Mang Koko, Tarian Kolaborasi Sanggar Algia dan Sanggar Putra Rengganis, Kendangers Pangandaran.
Meriah, Kolaborasi Apik Napak Jagat Pasundan Milangkala Pangandaran

Juga ada nama-nama dari Napak Jagat Pasundan seperti Givani Gumilang, Ega Robot Ethnic Percussion juga Mang Saswi And Friend’s. Rangkaian acara dari awal hingga akhir mendapatkan respons positif dari penonton. Mereka antusias menyaksikan pertunjukan demi pertunjukan hingga acara usai.

Menurut perwakilan event organizer (EO) Agus Pryoga, event NJP di Pangandaran kembali digelar setelah selama tiga tahun terhenti akibat pandemi Covid-19. Kali ini, NJP hadir berkolaborasi dengan Pemkab Pangandaran dalam rangka 10 tahun HUT Pangandaran.

Acara menyuguhkan pertunjukan berbeda, dengan menampilkan kolaborasi antara seniman lokal dengan talent NJP. Juga menampilkan pertunjukan lintas genre. Kolaborasi ini diharapkan terus terjadi pada event berikutnya.

"Kami membawa suatu genre yang berbeda dengan konsep etnic lewat Givani Gumilang yang kita kolaborasikan bersama dengan Ega Robot. Jadi memang kami ingin membawa artis lain di Jabar untuk bisa bareng dengan kita," jelas dia.

Dia bersyukur, animo masyarakat luar biasa khususnya bagi kabupaten Pangandaran. Apalagi ini tahun kedua kerja bareng dengan Pemkab Pangandaran dalam rangka milangkala. "Alhamdulillah masyarakat Kabupaten Pangandaran sangat antusias terhadap NJP ini, mulai pada 2019 lalu sampai saat ini," imbuh dia.
Meriah, Kolaborasi Apik Napak Jagat Pasundan Milangkala Pangandaran

Sementara itu, Perwakilan Coklat Kita Yadi Mulyadi mengatakan, Coklat Kita Napak Jagat Pasundan digelar spesial dalam rangka memperingati Milangkala Satu Dasawarsa Kabupaten Pangandaran. Menghadirkan kolaborasi sebagai bentuk kepedulian Coklat Kita Napak Jagat Pasundan kepada pelaku seni di Pangandaran.

"Sanggar dan paguron pada pagelaran Napak Jagat Pasundan di Pangandaran berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran yang sudah menjadi keluarga besar Napak Jagat Pasundan karena sudah pernah terlibat di beberapa proses rangkaian tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Pada tahun 2022 ini pagelaran Napak Jagat Pasundan jadi spesial dikarenakan khusus dalam rangka memperingati Milangkala Satu Dasawarsa Kabupaten Pangandaran. Ini merupakan tahun ke 10 dari perjalanan Napak Jagat Pasundan yang telah dimulai sejak tahun 2013.

"Program Napak Jagat Pasundan merupakan salah satu bentuk Bakti Ku Bukti, Coklat Kita terhadap kepedulian akan budaya khususnya untuk budaya Sunda," ujar Yadi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3855 seconds (11.97#12.26)