Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Cerita Pagi

Kisah Mistis Bung Tomo Hadapi Agresi Militer Belanda, Bertemu Wanita-wanita Cantik di Lereng Wilis

loading...
Kisah Mistis Bung Tomo Hadapi Agresi Militer Belanda, Bertemu Wanita-wanita Cantik di Lereng Wilis
Bung Tomo, pahlawan nasional yang namanya tersohor lewat pidato-pidatonya. Foto/Ist.
Gelegar suara Bung Tomo masuk ke telingga pejuang lewat udara. Pekik semangat dan heroisme untuk terus berjuang, menyalak membangkitkan keberanian. Namanya tersohor lewat pidato yang berhasil membakar semangat warga Surabaya di masa pertempuran.

Baca juga: Bung Tomo dan Kisah Kolam Kanuragan Mbah Kiai Pucung di Blitar

Pekik merdekanya menumbuhkan gerak langkah untuk terus berjuang. Dari radio, Bung Tomo mengerakan ribuan anak muda untuk angkat senjata. Mereka dengan gagah berani menghadapi pasukan Sekutu yang tak menginginkan Indonesia merdeka.





Bismillahirrohmanirrohim..Merdeka!!! Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh Indonesia terutama saudara-saudara penduduk kota Surabaya. Kita semuanya telah mengetahui. Bahwa hari ini tentara Inggris telah menyebarkan pamflet-pamflet yang memberikan suatu ancaman kepada kita semua.

Baca juga: Aura Magis dan Rahasia Kecantikan Ken Dedes Pemikat Para Raja

Kita diwajibkan untuk dalam waktu yang mereka tentukan, menyerahkan senjata-senjata yang telah kita rebut dari tangannya tentara Jepang. Mereka telah minta supaya kita datang pada mereka itu dengan mengangkat tangan. Mereka telah minta supaya kita semua datang pada mereka itu dengan membawa bendera putih tanda bahwa kita menyerah kepada mereka

Saudara-saudara.

Di dalam pertempuran-pertempuran yang lampau kita sekalian telah menunjukkan bahwa rakyat Indonesia di Surabaya. Pemuda-pemuda yang berasal dari Maluku, Pemuda-pemuda yang berawal dari Sulawesi, Pemuda-pemuda yang berasal dari Pulau Bali, Pemuda-pemuda yang berasal dari Kalimantan, Pemuda-pemuda dari seluruh Sumatera, Pemuda Aceh, pemuda Tapanuli, dan seluruh pemuda Indonesia yang ada di Surabaya ini. Di dalam pasukan-pasukan mereka masing-masing.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top