Aura Magis dan Rahasia Kecantikan Ken Dedes Pemikat Para Raja

Sabtu, 18 September 2021 - 05:00 WIB
loading...
Aura Magis dan Rahasia Kecantikan Ken Dedes Pemikat Para Raja
Situs Patirtan Watu Gede,di Desa Watu Gede, Singosari, Kabupaten Malang tempat pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
Nama Ken Dedes tidak bisa dilepaskan dari Ken Arok , raja dan pendiri Kerajaan Singasari . Ken Dedes dianggap sebagai leluhur raja-raja yang berkuasa di tanah Jawa dan merupakan nenek moyang wangsa Rajasa, trah yang berkuasa di Singasari, Majapahit hingga Mataram.

Ken Dedes disebut sebagai wanita Nareswari. Nareswari berarti wanita utama. Ken Dedes adalah putri dari Mpu Purwa, seorang pendeta Buddha aliran Mahayana dari Desa Panawijen.

Disebutkan bahwa pertama kali Ken Arok, bertemu dengan Ken Dedes, adalah di Patirtan Watu Gede Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Di pertemuan itulah, yang membuat Ken Arok akhirnya jatuh cinta karena melihat betis Ken Dedes.

"Patirtan Watu Gede ini, digunakan khusus untuk para ratu. Salah satu yang utama adalah untuk Puteri Ken Dedes," ungkap sejarawan Universitas Negeri Malang (UM) Dwi Cahyono kepada SINDOnews beberapa waktu lalu.

Baca : Siasat Gajah Mada Menaklukkan Kebo Iwa, Patih Kerajaan Bali yang Ditakuti Majapahit


Sedangkan dalam Kitab Pararaton menyebutkan “kengkis wetisira, kengkab tekeng rahasyanica, nener katon murub denira Ken Arok,” yang berarti “tersingkap betisnya, yang terbuka sampai terbuka rahasianya, lalu terlihat oleh Ken Arok”.

Suntingan Pararaton tersebut menunjukkan bahwa ada bagian tubuh istimewa dari Ken Dedes yang memancarkan cahaya magis saat terlihat oleh Ken Arok sewaktu masih menjadi abdi dalem Tunggul Ametung Akuwu Tumapel.

Kemudian Ken Arok menceritakan apa yang dilihatnya kepada gurunya Pendeta Lohgawe. Lalu Lohgawe menjelaskan kepada Ken Arok kalau wanita yang memancarkan cahaya magis seperti itu adalah Nareswari.

"Dia adalah seorang wanita utama. Jika seorang laki-laki memperistri wanita seperti itu, maka dia akan menjadi maharaja," kata Pendeta Lohgawe.

Mendengar penjelasan itu Ken Arok termenung. Berbagai hal berkecamuk dalam batinnya. Lalu Ken Arok berusaha mendapatkan Ken Dedes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)