Lebih dari 3 Dekade, Lintasarta Andal Beri Solusi ICT bagi Pemerintah Daerah

Rabu, 14 April 2021 - 21:29 WIB
loading...
A A A
“Jaringan kalau dia umpamanya ada aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk layanan publik itu termasuk bagian yang digunakan. Saya ambil contoh di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) , pengelolaan perpajakan, retribusi semua ditopang oleh teknologi ICT PT Lintasarta ,” terangnya.

Begitupun di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melalui sistem informasi perencanaan pembangunan daerah, ada sistem informasi musrembang, ada sistem pelayanan keuangan daerah. Terlebih lagi di Badan Kepegawaian semua memanfaatkannya.

“Kepegawaian lebih-lebih malah sampai hari ini digunakan oleh teman-teman pegawai dalam rangka penginputan tunjangan kinerjanya. Pelaporan setiap hari, setiap saat apa yang sudah dilakukan terkait dengan tugas pokok dan fungsi yang tentunya berkaitan dengan tunjangan penghasilan pegawai,” ujarnya.

Dia menuturkan, memang sejak awal yang namanya Sombere Smart City semua layanan sudah berbasis IT di beberapa SKPD yang memang itu menjadi kebutuhan masyarakat kita.

PT Lintasarta menjadi satu-satunya penyedia jaringan untuk mendukung pemerintah. Walaupun sebelumnya ada perusahaan IT lainnya, tetapi kenapa kini sampai Lintasarta karena melalui satu proses pengadaan barang dan jasa. Tak hanya itu, PT Lintasarta memiliki infrastruktur yang tersedia, jangkauannya luas dan reaksi layanannya cepat sekali dan itu juga sudah menggunakan salah satu sistem layanan yang kalau ada gangguan itu bisa langsung terdeteksi,” tuturnya.

Ismail menyebutkan, bandwith yang digunakan atau kecepatannya 1,2 GB untuk seluruh kota untuk SKPD, itu di luar dari pada CCTV.

“Kalau CCTV itu variatif. Saya menggunakan sesuai dengan aktivitas CCTV itu sendiri. Saya punya CCTV itu kurang lebih 154 titik tambah yang pindah-pindah itu lokasi kurang lebih 170-180an titik yang harus dilayani CCTV. Kalau layanan internet alhamdulillah, dua tahun ini kami pakai Lintasarta 2019-2020 semuanya menjadi semakin baik,” paparnya.



Layanan lainnya juga dimanfaatkan untuk sejumlah puskesmas di Makassar, seperti dihadirkannya wifi gratis. Termasuk di kantor kecamatan dan kantor 52 SKPD dipasang jaringan PT Lintasarta , begitupun di rujab, ruang pertemuan kantor balai kota, ruang sipakatau, sipakalebbi, Baruga Anging Mammiri karena selalu dipakai tempat acara.

“Ada juga ditempatkan di ruang pertemuan daripada Badan Litbang, yang jelas ruang-ruang yang sering dipakai termasuk di Bapeda, setiap hari ini rapat dalam rangka penyusunan dokumen perencanaan jangka pendek dan jangka panjang itu selalu kita butuh layanan internet yang lebih cepat,” paparnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)