Lebih dari 3 Dekade, Lintasarta Andal Beri Solusi ICT bagi Pemerintah Daerah

Rabu, 14 April 2021 - 21:29 WIB
loading...
Lebih dari 3 Dekade, Lintasarta Andal Beri Solusi ICT bagi Pemerintah Daerah
Suasana war room yang terletak di lantai 10 Balai Kota Makassar. War room merupakan pusat informasi Kota Makassar secara real time yang didirikan sejak 2016. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Tangan laki-laki paruh baya itu tak henti digerakkan. Sambi memegang mouse di tangan kirinya, sesekali matanya menatap tajam dan fokus pada layar lebar yang ada di depannya. Bergantian, dia melihat gambar yang ditampilkan oleh sebuah personal computer (PC) dari hasil tangkapan kamera closed-circuit television (CCTV) yang ditempatkan di beberapa titik oleh Pemkot Makassar .

Lokasi pemantauan tersebut berada di lantai 10 Balai Kota Makassar , tepatnya di ruang war room. Ruangan tersebut merupakan pusat informasi Kota Makassar secara real time yang didirikan sejak 2016 untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga dari tindak kejahatan dan memantau peristiwa yang menyangkut kepentingan masyarakat.



War room menjadi bagian dari program smart city yang dicanangkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto. Program tersebut mengusung konsep internet of things, artificial inteligence, dan big data di Makassar dengan tetap memperhatikan budaya lokal.

War room sungguh hadir memberikan manfaat besar. Berkat keandalan teknologi information and communication technologies (ICT) yang dimilikinya dengan memanfaatkan Layanan ICT dari Lintasarta , serta dukungan CCTV yang tersebar di sejumlah tempat. War room mampu merekam detik-detik bom yang meledak di Katedral, Jl Kajaolalido. Hasil tangkapan layar inilah yang dimanfaatkan membantu tugas kepolisian.

Menurut Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Kota Makassar , Ismail Hajiali, penting bagi Pemkot Makassar mendapat dukungan ICT yang berteknologi tinggi dalam mendukung program berbasis IT, apalagi dalam mendorong peningkatan kinerja bagi aparatnya demi melayani masyarakat.

Bersyukur, kata dia, PT Lintasarta yang hadir sejak 2019 menopang optimalisasi kinerja tersebut melalui proses pengadaan yang dilakukan secara terbuka.

“Alhamdulillah Lintasarta sampai saat ini menjadi partner setia dalam menghadirkan layanan ICT yang dibutuhkan Pemkot Makassar, apalagi sejak 2019 sampai saat ini PT Lintasarta melayani dua layanan internet SKPD dan layanan internet untuk CCTV yang tersebar di kota Makassar. Termasuk menopang aktivitas war room dalam supporting jaringan,” ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Ismail Hajiali menuturkan, ICT milik PT Lintasarta juga mendukung program satuan kerja perangkat daerah (SKPD), seperti hal-hal yang terkait dengan layanan berbasis sistem.

Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7090 seconds (0.1#10.140)