Cerita Letjen TNI (Purn) Soegito Gagal Raih Baret Merah Kopassus karena Tak Kuat Jalan Kaki dari Bandung-Cilacap

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 06:29 WIB
loading...
A A A
Kesibukan baru sebagai staf Mayor Gunawan memberikan Soegito kesempatan untuk menambah pengalaman. Pada 5 Oktober 1965, ia membantu pemakaman tujuh Pahlawan Revolusi di TMP Kalibata.

Ia mendapat tugas menggotong peti jenazah Jenderal Ahmad Yani. Setelah membantu Mayor Gunawan, Soegito ditugaskan membantu Mayor Inf Heru Sisnodo di Pusdik RPKAD di Batujajar. Mayor Heru dikenal sebagai pahlawan Trikora.

Ia terjun bersama 160 prajurit Batalion 530 dan 55 anggota RPKAD dalam Operasi Naga dipimpin Mayor Inf Benny Moerdani pada 24 Juni 1962 di Merauke.

”Dek Gito, nanti kalau mau latihan komando lagi, bila perlu apa-apa bilang saja kepada saya. Sekarang ikut saya jam terjun, sekalian nanti free fall,” ajak Mayor Heru yang akrab disapa Soegito.



Saat membantu Mayor Heru, jam terjun Soegito semakin bertambah. Namun, Mayor Heru malah memberikan tugas merevisi kurikulum latihan komando kepada Soegito. Soegito keberatan, tetapi Mayor Heru mengalihkan pembicaraan rencana-rencana penerjunan.

“Besok saya terjun, ikut ya.” Alhasil, dari kegiatannya membantu Mayor Gunawan dan Mayor Heru, jam terjun Soegito meningkat signifikan. Hingga saat itu, jam terjun Soegito paling tinggi dari semua perwira lulusan AMN 61.

Di kemudian hari, di atas wing terjunnya ditambahkan bintang dan bintang merah sekembalinya dari Dili pada 1976.Sambil menunggu pendidikan komando dibuka lagi, Soegito memeriksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab sakit di kakinya.

Dokter mendiagnosa bahwa ia terkena malaria, yang menyebabkan sakit di persendian kaki dan menurunnya daya tahan tubuh. Akhirnya kesempatan kedua untuk mengikuti pendidikan komando tiba juga.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)