Antisipasi Bencana, Sungai Kandoa-Balambang Bakal Dinormalisasi

Minggu, 27 September 2020 - 16:44 WIB
Camat Bua, Muhammad Sakti Abdul Latief, sangat mendukung upaya pencegahan yang dilakukan oleh kedua desa dan dirinya mendukung penuh.

"Solusi seperti ini yang diharapkan. Langkah selanjutnya setelah kedua desa menyepakati, memberikan pemahaman kepada warga, dan menyampaikan hasil pertemuan kita ke pemerintah kabupaten sekaligus bermohon bantuan kegiatan normalisasi sungai ," katanya.

Karena menurut Camat Bua, untuk menggeser atau meluruskan aliran sungai butuh dana besar sehingga perlu melibatkan pemerintah kabupaten ataupun pihak balai besar sungai di provinsi.

"Sebagai Camat Bua saya sangat mendukung, karena ini demi kebaikan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Kandoa hingga ke Balambang. Saya akan bantu untuk menyampaikan sekaligus melaporkan hal ini ke pak bupati, saya yakin beliau akan membantu," ujarnya.

Untuk diketahui, panjang sungai yang akan diluruskan melalui program normalisasi sungai diperkirakan mencapai 1 kilometer. Warga setempat berharap, aliran sungai Kandoa hingga Balambang bisa segera diperbaiki.

Banjir yang terjadi berkali-kali menyebabkan tanah warga yang tinggal di tepi sungai perlahan terkikis dan mengancam rumah dan keselamatan warga. Bukan hanya itu, lokasi yang akan dikerja juga terdapat satu masjid yang juga terancam jika tidak segera diatasi.

(agn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More