Hujan 10 Jam, 2 Desa di Kabupaten Luwu Sulsel Terendam Banjir

Kamis, 25 April 2024 - 13:13 WIB
loading...
Hujan 10 Jam, 2 Desa di Kabupaten Luwu Sulsel Terendam Banjir
Hujan deras 10 jam menyebabkan wilayah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan kebanjiran. Foto/BNPB
A A A
LUWU - Hujan deras 10 jam di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan membuat tanggul sungai jebol serta meluapnya air merendam akses jalan dan permukiman warga di dua dusun di Desa To'lemo dan dan satu dusun di Desa Bululondong di Kecamatan Lamasi.

Berdasarkan informasi dari BPBD Kabupaten Luwu banjir setinggi 50 cm merendam 55 unit rumah di Desa To'lemo, dan 67 unit rumah di Desa Bululondong. Sejumlah perkebunan warga, akses jalan utama Kecamatan Lamasi, Kantor Camat Lamasi dan gereja Adven terendam.

“Tercatat warga terdampak di 2 desa kecamatan Lamasi sebanyak 100 Kepala Keluarga. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Kamis (25/4/2024).



Sementara itu, BPBD Kabupaten Luwu saat ini dalam penanganan banjir melakukan kaji cepat dan pertolongan kepada warga terdampak. Informasi dari BPBD Kabupaten Luwu Kamis,(25/4) kondisi banjir berangsur surut.



Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG untuk wilayah Kabupaten Luwu pada Jumat (26/4) kondisi cuaca pagi hingga siang berawan sedangkan sore hingga malam hujan sedangkan kondisi cuaca pada Sabtu (27/4) kondisi cuaca pada siang berawan, saat sore hingga malam hujan.

Antisipasi banjir susulan karena faktor cuaca BNPB menghimbau kepada Pemerintah daerah dan masyarakat agar waspada bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari 1 jam terutama bagi masyarakat tinggal di daerah rawan banjir agar segera melakukan evakuasi mandiri.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)