Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Dilanjutkan

loading...
Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Palembang Dilanjutkan
Sempat terhenti tahun 2020 karena COVID-19, kini proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang bertujuan mengembalikan fungsi anak sungai tersebut berlanjut. Foto SINDOnews
PALEMBANG - Sempat terhenti di tahun 2020 karena dilanda wabah COVID-19, kini proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang bertujuan mengembalikan fungsi anak sungai tersebut berlanjut.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, saat ini proyek restorasi sungai yang masuk dalam perencanaan pembangunan nasional tersebut telah rampung sepanjang 1 Km yang dimulai dari muara sungai, tepatnya di samping Kantor Wali Kota Palembang hingga ke Jembatan Karang. Baca juga: Restorasi Sungai dengan Ekoriparian Dinilai Bisa Pulihkan Kualitas Air

"Saat ini pengerjaan masuki tahap kedua, sebelumnya sempat terhenti di tahun 2020 karena adanya wabah COVID-19 ," ujar Harnojoyo, Kamis (6/5/2021).

Dijelaskan Harnojoyo, pengerjaan proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro yang ditarget rampung pada tahun 2023 mendapat dukungan penuh pembangunan infrastrukturnya dari pemerintah pusat.



"Setelah selesai pembagunan tahap pertama tahun lalu sepanjang 1 kilometer, kini kita lanjutkan lagi dan mudah-mudahan lancar agar target selesai di tahun 2023 tercapai dan tahun 2024 sudah bisa digunakan untuk sarana transportasi, pengendali banjir, dan juga destinasi wisata," tambahnya.

Untuk mensukseskan pengerjaan restorasi sungai tersebut, Harnojoyo meminta agar seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan selalu menjaga kebersihan sungai.

"Untuk mengembalikan kejernihan airnya, nantinya setiap limbah yang ada di sepanjang Sungai Sekanak Lambidaro ini akan tersambung dengan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Sungai Selayur, sehingga air yang mengalir ke sungai tidak lagi tercemar," ungkapnya.

Harnojoyo menilai, selain mengembalikan fungsinya,sungai Sekanak Lambidaro juga akan berdampak pada perekonomian Kota Palembang dengan banyak mendatangkan wisatawan nantinya. "Sungai ini nantinya bisa dilalui perahu perahu besar dan menjadi destinasi wisata baru nantinya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Birendrajana mengatakan, saat ini progres pengerjaan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro baru mencapai 17 persen.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top