5 Fakta Pegi Setiawan Diputus Bebas Pengadilan Negeri Bandung

Senin, 08 Juli 2024 - 13:16 WIB
2. Penetapan Status Tersangka Dirasa Tidak Sah

Pada putusannya, Hakim Eman Sulaeman menyebut bahwa penetapan status tersangka terhadap Polda Jabar tak sesuai prosedur dan tidak sah menurut hukum yang berlaku.

“Menyatakan tindakan termohon sebagai tersangka pembunuhan berencana adalah tidak sah dan tidak berdasarkan hukum,” kata dia.



Lebih jauh, berdasarkan putusan tersebut, hakim telah mengabulkan hal yang sebelumnya diajukan pihak kuasa hukum Pegi, sehingga sidang praperadilan selesai. Maka dari itu, termohon (Polda Jabar) juga diminta untuk menghentikan penyidikan hingga melepaskan pemohon (Pegi).

3. Sidang Praperadilan Sempat Diwarnai Drama

PN Bandung menerima permohonan praperadilan Pegi Setiawan dalam status penetapan sebagai tersangka oleh Polda Jabar dengan registrasi nomor perkara 10/Pid.Pra/2024/PN Bdg. Setelah serangkaian drama yang terjadi, akhirnya hakim telah memutus perkaranya.

Sebelumnya, sidang praperadilan ini telah melewati berbagai tahapan, seperti penyampaian gugatan pemohon dari kubu Pegi hingga jawaban Polda Jabar terkait gugatan tersebut. Hakim juga meminta kedua pihak menyerahkan berkas-berkas alat bukti dan keterangan ahli masing-masing.

Kemudian, jalannya sidang juga sempat ditunda lantaran pihak Polda Jabar mangkir. Setelah putusan hakim, penetapan Pegi sebagai tersangka oleh Polda Jabar adalah tidak sah.

4. Polda Jabar Bebaskan Pegi Setiawan
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content