Di Tengah Wabah, Semangat Satgas TMMD 107 Jatim Tak Berubah

Kamis, 16 April 2020 - 22:00 WIB
loading...
A A A
Aksi nyata yang dirasakan masyarakat adalah pembangunan infrastruktur jalan desa yang selama ini belum ada. Di tengah keterbatasan, TMMD 107 Kodim 0823 Situbondo berhasil mengubah perbukitan dan lumpur menjadi jalan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain membuka akses jalan dan meningkatkan mutu jalan, prajurit TNI juga bekerja sama dengan pemerintah memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat baik di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan berbagai pelayanan lainnya yang berguna bagi masyarakat.

Di Tengah Wabah, Semangat Satgas TMMD 107 Jatim Tak Berubah

Satgas TTMD 107 saat membangun infrastruktur jalan di Situbondo.Foto/dok Pendam V

Dansatgas TMMD 107 Kodim 0823/Situbondo Letkol Inf A. Juni Toa di Lokasi TMMD menyampaikan, prajurit TNI bersama masyarakat bukan saja membuka akses jalan di dataran namun juga merubah perbukitan menjadi jalan yang berguna untuk masyarakat.

“Dengan harapan, setelah selesai pembukaan jalan tersebut urat nadi perekonomian masyarakat akan dapat terus meningkat sehingga pemerataan pembangunan tersebut dapat tercapai dengan baik,” akhiri Dansatgas.

Di samping pembangunan fisik, TMMD Reguler 107 Kodim 0823/Situbondo di Sesa Tlogosari, Kecamatan Sumbermalang, yaitu mendorong dihidupakannya perpustakaan desa. Keberadaan perpustakaan menambah ilmu pengetahuan bagi warga desa setempat.

"Sambil jalan akhirnya ada ide untuk menambah kegiatan non fisik TMMD, yakni menghidupkan perpustakaan desa. Mudah-mudahan nanti terlaksana sehingga ada nilai tambah dari pelaksanaan TMMD Kodim situbondo di Desa Tlogosari," ungkap Serka Mai Yulianto, anggota Satgas Penerangan TMMD 107

Ide ini pun mendapat sambutan dari warga Desa Tlogosari. Bahkan mereka berinisiatif dengan ibu-ibu PKK untuk engumpulkan beberapa buku bacaan yang selama ini tersimpan di almari Balai Desa tlogosari.

Kegiatan lainnya adalah pemasangan talang air hujan untuk dimasukkan tandon. Pemasangan talang dan pipa dari bambu yang disalurkan ke tandon untuk menampung air hujan tersebut, dilakukan Serda Atang dan Bapak Hen, warga setempat. “Air hujan yang ditampung ke tandon tersebut, akan digunakan warga dan Pasukan BKO TMMD ke-107,” ujar Serda Atang.

Serda Atang mengatakan bahwa, pembuatan talang di rumah warga tempat BKO Pasukan ini, dalam rangka mensukseskan TMMD dan memberikan kebutuhan air BKO Pasukan. “Karena di sini sulit mendapatkan air, maka kita memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan masyarakat dan BKO Pasukan,” tuturnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)