Satgas TMMD Ke-118 Bangun Jalan dan Rumah Layak Huni di Lubuklinggau

Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:47 WIB
loading...
Satgas TMMD Ke-118 Bangun Jalan dan Rumah Layak Huni di Lubuklinggau
Satgas TMMD Ke-118 Kodim 0406/Lubuklinggau membangun rumah layak huni, jalan sepanjang 8,5 km d an tempat wudhu di di Dusun Talang Mandur, Lubuklinggau, Sumsel. Foto/Ist
A A A
LUBUKLINGGAU - Mayarakat di Dusun Talang Mandur, Kelurahan Sumber Agung, Lubuk Linggau Utara, Lubuklinggau, Sumatera Selatan kini lebih mudah menjalankan aktivitas sehari-hari setelah pembangunan akses jalan sepanjang 8,5 km. Jalan tersebut dibangun Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 118, kolaborasi antara pemerintah daerah dan Kodim 0406/Lubuklinggau.

Selain membangun jalan, TMMD juga merenovasi rumah warga yang kondisinya sudah tidak layak huni, serta membangun tempat wudhu yang memadai di masjid Dusun Talang Mandur.


Dansatgas TMMD 118 Kodim 0406/Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan menjelaskan, Program TMMD Ke-118 telah berhasil mencapai semua targetnya di wilayah yang ditentukan dalam waktu yang telah ditetapkan.

"Harapan kita adalah bahwa wilayah ini akan terus berkembang, dengan perekonomiannya meningkat. Sehingga menjadi bagian penting dalam transisi dari Kota Transit menuju Kota Metropolis yang ramai dan maju," katanya dikutip Kamis (26/10/2023).



Dia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.

“Kami berharap program ini bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah ini. Sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya,” kata Letkol Inf Kunto Adi Setiawan.


Sejumlah masyarakat mengapresiasi bantuan TNI ke wilayah yang terpencil ini. Harun Anwar, seorang transmigran mengaku selama ini sering menghadapi kesulitan dalam menjual panennya karena akses terbatas ke kota.

"Kadang-kadang kami merasa malas bertani karena kami tidak tahu bagaimana cara mengirimkan hasil panen ke kota," ujarnya.

Harapannya kini terwujud dengan pembangunan jalan sepanjang 8,5 km yang menghubungkan daerahnya dengan Kota Lubuklinggau.

Warga lainnya, Holiya sangat bersyukur karena rumahnya yang hampir roboh diperbaiki menjadi hunian yang nyaman dan layak oleh tim Satgas TMMD 118. Selama bertahun-tahun dia tinggal di pondok reot yang hampir roboh.

"Saya hampir tidak percaya bahwa doa-doa saya selama bertahun-tahun telah terjawab berkat upaya keras tim TMMD 118," ungkapnya.

Selain itu, warga terbantu dengan pembangunan tempat wudhu masjid setempat. Selama ini jemaah kesulitan melakukan wudhu karena kurangnya fasilitas yang memadai. Program TMMD 118 yang berlangsung sejak 19 September 2023 selama empat minggu, akhirnya mengatasi masalah ini dengan menyediakan air bersih dan fasilitas yang layak untuk wudhu.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)