Gugus Tugas Nyatakan Kasus Covid-19 di Asmat Transmisi Lokal

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:45 WIB
loading...
A A A
"Dari situ dengan kesadaran sendiri, mereka yang bergejala sama memeriksakan diri atau pun melapor ke nomor yang kami sebar," katanya.

Tim kesehatan, lanjut dr. Steven, melakukan pemetaan dan menyimpulkan bahwa kondisi ini bukan hanya merupakan klaster rumah sakit, tetapi juga di masyarakat ditemukan sejumlah kasus dengan gejala yang sama.

"Hanya saja, untuk suspek itu masih ditunggu proses pemeriksaan dalam gelombang ketiga pengiriman sampel, yang kemudian nanti kita pastikan apakah ada lagi kasus diluar klaster rumah sakit," kata dia.

Meski dengan segala keterbatasan, dimana Asmat belum memiliki alat tes PCR Covid-19, namun tim gugus secara solid terus melakukan berbagai upaya bersama-sama memutus rantai penularan.

"Kita masih harus kirim sampel ke luar. Sedangkan aktivitas harus tetap berjalan, pemerintahan mau pun ekonomi. Namun kita bersyukur karena memiliki tim yang solid, secara masif mencari kasus suspek untuk memutus rantai penularan," pungkasnya.

Perketat protokol kesehatan

Pjs Bupati Asmat Triwarno Purnomo meminta warga menjadikan protokol kesehatan Covid-19 sebagai gaya hidup, yaitu dengan menjaga jarak fisik, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Itu harus menjadi pola kebiasaan baru kita saat ini, sehingga Asmat bisa menghindari temuan kasus baru atau pun lonjakan kasus Covid-19," katanya.

Menurut Triwarno, seluruh masyarakat harus menyadari betul bahwa Covid-19 adalah penyakit mudah menular, dan harus dihindari hanya dengan cara membiasakan diri hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan.

"Jangan karena ketidak hati-hatian kita, lalu kita mengorbankan keselamatan masyarakat Asmat lainnya. Kita tertib, kita berusaha dengan perilaku hidup bersih dan sehat, berarti kita sudah menjaga diri sendiri maupun saudara kita yang lain," imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3505 seconds (0.1#10.140)