Gugus Tugas Nyatakan Kasus Covid-19 di Asmat Transmisi Lokal

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:45 WIB
loading...
Gugus Tugas Nyatakan Kasus Covid-19 di Asmat Transmisi Lokal
Pjs Bupati Asmat, Triwarno saat melihat kesiapan rumah sakit baru untuk pasien Covid-19
A A A
AGATS - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asmat, Provinsi Papua mencatat 19 orang terkonfirmasi positif terpapar virus corona jenis baru atau Covid-19 hingga Jumat (23/10/2020).

Dari 19 kasus positif Covid-19, 13 di antaranya merupakan tenaga kesehatan, terdiri dari 12 orang bertugas di RSUD Agats dan 1 orang bertugas di Puskesmas Agats.

Direktur RSUD Agats dr. Yenny Yokung Young mengatakan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 rata-rata berusia produktif antara 20-30 tahun dan seluruhnya mengalami gejala ringan.

"Sesuai kesepakatan, penanganan pasien tidak semua dilakukan di RSUD yang baru, tetapi juga bisa melakukan karantina mandiri jika kondisi memungkinkan," katanya di Agats, Jumat (23/10/2020).

Ia menerangkan, seluruh pasien dalam kondisi baik termasuk salah satunya dalam kondisi hamil, di antara 12 tenaga kesehatan yang sedang menjalani perawatan di RSUD Agats yang baru. "Semuanya gejala ringan. Mereka dalam masa isolasi, kita berikan asupan makanan yang cukup dan vitamin sambil menunggu jadwal swab kedua 10 hari kemudian," kata dia.

Sementara empat orang yang menjalani isolasi mandiri di rumah, kondisinya kini berangsur-angsur membaik. Sebelumnya sempat kehilangan indra penciuman dan perasa, namun semuanya sudah mulai pulih kembali. "Tim kesehatan setiap saat akan menanyakan kondisi mereka yang isolasi mandiri, apakah membutuhkan pengobatan dan sebagainya," kata dr. Yenny.

Sejauh hasil pemeriksaan, dr. Yenny memastikan tidak ada pasien Covid-19 secara menonjol memiliki penyakit penyerta (komorbid).

"Mereka dipantau secara ketat oleh dokter spesialis, tim medis kami berjaga selama 24 jam di sana. Juga tenaga kesehatan yang positif, mereka tidak akan keluar sebelum dinyatakan negatif," ucapnya.

Klaster RSUD

dr. Yenny menyebut rangkaian kasus yang ditemukan sejauh ini menunjukkan telah rerjadi transmisi lokal Covid-19 di Asmat, dengan satu klaster penularan atas temuan 12 kasus di RSUD Agats. "Ya, bisa kita sebut ini satu klaster (RSUD Agats)," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)