Kisah Cinta Jenderal Wismoyo Arismunandar Diselamatkan Soeharto dari Rasa Malu saat Lamar Adik Ibu Tien

Selasa, 13 Agustus 2024 - 07:17 WIB
loading...
A A A
Meski telah menjalani hubungan asmara, Wismoyo belum pernah bertemu langsung dengan calon mertuanya. Akhirnya, ia harus melamar langsung kepada Soeharto dan Ibu Tien. Wismoyo yang grogi berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Ia bahkan terus-menerus mengelap sepatunya hingga berkilau, menunjukkan betapa pentingnya momen itu baginya. Dengan tekad yang bulat, Wismoyo pergi sendirian ke kediaman Soeharto untuk melamar kekasihnya.

Setibanya di sana, Wismoyo bingung melihat banyak sandal dan sepatu di dekat tangga menuju ruang pertemuan. Ia ragu apakah harus melepas sepatunya atau tidak. Namun, ia memutuskan tetap mengenakannya dan memasuki ruangan di mana Soeharto dan Ibu Tien sudah menunggu.



Setelah masuk, Wismoyo sadar bahwa hanya dia yang mengenakan sepatu, membuatnya semakin gugup. Ibu Tien, yang memperhatikan penampilannya dari atas hingga bawah, membuat Wismoyo semakin salah tingkah.

“Wong lanang kok ingah-ingih (lelaki kok tersipu-sipu),” kata Ibu Tien, disambut dengan senyuman khas Soeharto. Merasa semakin terpojok, Wismoyo hanya bisa menunduk.

Namun, Soeharto segera meredakan ketegangan dengan berkata, “Aku mbiyen yo ingah-ingih,” mengingat saat ia dulu melamar Ibu Tien. Kata-kata ini membuat suasana kembali santai, dan Wismoyo pun berhasil mengutarakan niatnya untuk melamar Datit Siti Hardjanti.

Lamaran itu diterima, dan Wismoyo serta Datit kemudian menikah dan membangun rumah tangga yang harmonis. Pengalaman tersebut meninggalkan kesan mendalam bagi Wismoyo.



Sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) periode 1993-1995, Wismoyo belajar dari Soeharto bahwa seorang pemimpin harus berani menyelamatkan bawahannya demi tujuan yang baik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)