Kebengisan Pasukan Khusus Marsose Belanda, Bunuh Pejuang Kemerdekaan dengan Senyap

Senin, 12 Agustus 2024 - 07:56 WIB
loading...
Kebengisan Pasukan Khusus...
Marsose, legiun pasukan khusus penjajah Belanda terkenal kejam dan bengis memberangus perlawanan para pejuang Kemerdekaan di berbagai wilayah di Nusantara. Foto/Istimewa
A A A
MARSOSE,legiun pasukan khusus penjajah Belanda terkenal kejam dan bengis memberangus perlawanan para pejuang kemerdekaan di berbagai wilayah di Nusantara. Terutama di kawasan Aceh yang menjadi catatan kelam sejarah.

Marsose atau marechaussee adalah pasukan khusus komando pertama dengan beranggotakan warga Belanda dan ditambah pribumi.



Pasukan khusus dengan anggota yang berjumlah kecil ini merupakan unit infanteri dengan mobilitas tinggi. Selain itu memiliki daya tahan tinggi di berbagai medan, dan kemampuan bertempur yang kuat dibandingkan pasukan biasa.

Legiun ini menggunakan senapan dengan ukuran yang lebih pendek dari senapan biasa atau laras pendek (karaben) dan tidak tergantung angkutan militer serta biasa berjalan kaki.

Ketangguhan lainnya, unit marsose juga tidak bergantung pada jalur suplai logistik.

Para personel marsose dipersenjatai senapan laras pendek atau karaben dan juga dipersenjatai senjata tajam tradisional khas penduduk setempat seperti klewang, hingga rencong.



Keunggulan lainnya, marsose memiliki karakter tersendiri dalam bertempur. Mereka tidak terlalu mengandalkan senjata api, melainkan senjata tajam sejenis klewang untuk menghabisi lawannya dalam jarak dekat.

Selain itu penggunaan senjata tajam sangat membantu prajurit khusus ini sehingga bisa membunuh lawan tanpa harus membuat gaduh dan kehilangan peluru.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)