Dibangun Dinasti Sailendra dan Ditemukan Adipati Yogyakarta Tan Jin Sing, Begini Kemegahan Candi Borobudur Hasil Pencitaraan AI

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:21 WIB
loading...
A A A
Bahkan, saat itu Raffles menyebut telah melihat Candi Prambanan, dan menyatakan ingin meneliti candi-candi yang ada di Jawa. Mendengar itu, Tan Jin Sing juga menceritakan jika salah satu mandornya pernah melihat candi besar di Desa Bumisegoro, yang lokasinya berada di dekat Muntilan.



Tak disangka, Raffles sangat tertarik dengan cerita Tan Jin Sing tentang keberadaan candi besar di Desa Bumisegoro tersebut. Raffles juga langsung meminta Tan Jin Sing untuk membuka jalan menuju lokasi candi itu.

Laman budaya.jogjaprov.go.id menyebutkan, jalan rintisan menuju Candi Borobudur tersebut, dibuka Tan Jin Sing dengan bantuan penduduk setempat bernama Paimin bersama teman-temannya. Jalan selebar 50 meter tersebut, selesai dibangun pada Desember 1813.

Kala itu, Tan Jin Sing bersama mandor pembangunan jalan bernama Rachmat, disebut sudah dapat melihat wujud Candi Borobudur. Namun, di sekitar Candi Borobudur masih rimbun dengan semak belukar, dan bagian bawahnya terkubur tanah.

Dibangun Dinasti Sailendra dan Ditemukan Adipati Yogyakarta Tan Jin Sing, Begini Kemegahan Candi Borobudur Hasil Pencitaraan AI


Berbeda dengan Tan Jin Sing yang berhasil membuka jalan, dan melihat Candi Borobudur di awal penemuannya, Raffles justru belum sempat menyaksikan langsung kemegahan Candi Borobudur tersebut.

Meski demikan, pada Januari 1814 Raffles telah menugaskan seorang arkeolog berkebangsaan Belanda, Mayor Herman Christian Cornelius. Kala itu, Herman Christian Cornelis mengaku sangat terkesan dengan kerja-kerja yang dilakukan Tan Jin Sing. Area Candi Borobudur tersebut, baru berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Dalam buku berjudul "Babad Tanah Jawi" karya Soedjipto Abimanyu, disebutkan, Candi Borobudur dibangun pada masa Kerajaan Mataram kuno. Kerajaan ini, merupakan salah satu kerajaan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4178 seconds (0.1#10.140)