Dibangun Dinasti Sailendra dan Ditemukan Adipati Yogyakarta Tan Jin Sing, Begini Kemegahan Candi Borobudur Hasil Pencitaraan AI

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:21 WIB
loading...
A A A
Candi Borobudur yang terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu, memiliki panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter. Bangunan candi terdiri dari sembilan teras berundak, yakni enam teras berbentuk persegi, dan tiga teras berbentuk lingkaran.

Dalam laman borobudurpark.com, disebutkan Candi Borobudur dibangun dengan gaya Mandala, yakni gambaran tentang alam semesta menurut kepercayaan Buddha. Pada Candi Borobudur ada beberapa zona, yakni Kamadhatu, Arupadhatu, dan Arupadhatu.

Pada zona Kamadhatu yang terdiri dari 160 relief, digambarkan kondisi alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Relief-relief itu menjelaskan tentang Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat, serta menggambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia, seperti merampok, membunuh, memperkosa, penyiksaan, dan fitnah.



Zona Rupadhatu terdapat 328 patung Budha serta 1.300 relief berupa Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka, dan Awadana. Pantung dan relief yang membentang sepanjang 2,5 km dan terdiri dari 1.212 panel tersebut, menggambarkan tentang alam peralihan, di mana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia.

Pada zona puncat atau tertinggi, terdapat Zona Arupadhatu yang menggambarkan tentang alam tertinggi, yakni rumah Tuhan, atau surga. Pada Candi Borobudur, zona ini terdapat tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke stupa paling besar. Di stupa paling besar yang ada di puncak candi, tidak terdapat hiasan apapun yang diartikan sebagai gambaran kemurnian paling tinggi.

Siapa sangka, Candi Borobudur ini ternyata ditemukan oleh Kapiten China, Tan Jin Sing, atau dikenal dengan nama Raden Luar, yang kemudian menjadi Bupati Jogjakarta, bergelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Secodiningrat. Dalam laman budaya.jogjaprov.go.id, disebutkan Tan Jin Sing sebagai pembuka jalan penemuan Candi Borobudur yang telah terkubur berabad-abad lamanya.

Dibangun Dinasti Sailendra dan Ditemukan Adipati Yogyakarta Tan Jin Sing, Begini Kemegahan Candi Borobudur Hasil Pencitaraan AI


Menurut TS Werdoyo dalam bukunya yang berjudul "Tan Jin Sing: Dari Kapiten Cina Sampai Bupati Yogyakarta" disebutkan, jalan penemuan Candi Borobudur itu terbuka, saat Tan Jin Sing berkunjung ke Rumah Residen Inggris di Jogjakarta, John Crawfurd pada 3 Agustus 1812.

Dalam kunjungan itu, Tan Jin Sing ternyata juga bertemu dengan atasan John Crawfurd, yakni Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Saat bertemu Raffles, Tan Jin Sing akhirnya mengetahui Raffles memiliki ketertarikan dengan candi-candi yang ada di Jawa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3256 seconds (0.1#10.140)