Antisipasi Cacar Monyet, Warga Diimbau Kurangi Kontak dengan Hewan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 17:37 WIB
loading...
A A A


Lebih jauh, Ida juga menekankan kepada masyarakat agar disiplin dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bila memiliki gejala demam, segera memeriksa diri ke puskesmas untuk diberikan penanganan dini.

"Masa inkubasi cacar monyet ini kam sampai 14 hari. Jadi kalau ada gejala demam, segera periksa ke puskesmas dan puskesmas wajib memantau sampai dua pekan ke depan," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Ida, pihaknya belum memberlakukan posko-posko penanganan cacar monyet. Namun tidak menutup kemungkinan langkah itu diambil bila ada pasien yang terkonfirmasi positif. Kontainer Makassar Recover akan disiapkan sebagai posko penanganan.

Ruang isolasi pun bakal disiapkan bagi pasien positif . Hal itu diperlukan membatasi kontak pasien dengan orang lain agar penularan tidak semakin meluas.

"Kalau memang ada yang dinyatakan terkonfirmasi, pastinya kami masukkan di rumah sakit untuk isolasi. Karena ini seperti cacar air gejalanya, ada ruam-ruam yang menunjukkan bahwa orang tersebut sakit. Jadi pastinya akan kami masukkan dalam ruang isolasi," pungkasnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2968 seconds (0.1#10.140)