Warga 4 Ulu Suspek Cacar Monyet, Palembang Waspada!

Rabu, 04 September 2024 - 08:22 WIB
loading...
Warga 4 Ulu Suspek Cacar...
Kondisi tangan salah satu warga Kelurahan 4 Ulu Palembang terkena penyakit cacar monyet. Foto/Istimewa
A A A
PALEMBANG - Seorang warga Kelurahan 4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, diduga terinfeksi virus cacar monyet atau monkey pox. Pasien yang merupakan seorang ibu rumah tangga berinisial JL (40).

Saat ini telah mendapatkan penanganan medis dan menjalani karantina mandiri selama dua minggu untuk mencegah penyebaran lebih lanjut. “Benar, ada dugaan suspek cacar monyet,” kata Dokter Puskesmas 4 Ulu Palembang Gerry Arvin Taruna, Rabu (4/9/2024).

Menurut dia, pasien menunjukkan gejala yang mencurigakan, termasuk luka seperti koreng berwarna hitam di telapak tangan dan kaki. Dugaan awal menunjukkan bahwa pasien mungkin tertular dari tetangganya.



Sebagai tindakan pencegahan, pasien telah diberikan obat-obatan dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama dua minggu. Pihak Puskesmas juga telah melaporkan temuan ini kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk memastikan diagnosis, dokter masih menunggu hasil uji laboratorium. Selama proses ini berlangsung, tim medis dari Puskesmas 4 Ulu akan terus memantau kondisi pasien setiap hari.

Gerry mengimbau warga tidak perlu khawatir dalam kondisi ini. Terlebih pasien baru dinyatakan suspek dan perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui pasti jenis penyakitnya. ”Terpenting jaga pola hidup sehat dan bersih agar tidak mudah terserang penyakit,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)