Ada Suspek Cacar Monyet di Cimahi, Dinkes Telusuri Kontak Erat Pria asal Cianjur

Kamis, 09 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
Ada Suspek Cacar Monyet di Cimahi, Dinkes Telusuri Kontak Erat Pria asal Cianjur
Cacar monyet. Foto/Ilustrasi/iStock
A A A
CIMAHI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi ikut terjun untuk menelusuri kontak erat dengan pria asal Kabupaten Cianjur yang diduga terkena wabah cacar monyet atau monkey fox. Pasien itu merupakan penyintas HIV.

Pasalnya, pria asa Cianjur itu diketahui sebelumnya tinggal di sebuah kontrakan wilayah Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. Namun menjalani konsultasi seputar HIV di Puskesmas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini mengatakan, dari hasil penulusuran ditemukan satu orang di satu kontrakan yang kontak erat dengan pasien itu.

"Kami melakukan penulusuran ke wilayah yang pernah dia tinggal. Hasilnya, ada satu orang kontak erat dan kami langsung melakukan pemeriksaan," ungkap Dwihadi saat dihubungi, Kamis (9/11/2023).



Dwihadi mengatakan, penelusuran kontak erat dilakukan untuk pencegahan. Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kontak erat dengan pasien suspek cacar monyet itu, ungkap dia, dipastikan yang bersangkutan tidak bergejala seperti gatal-gatal yang dialami oleh warga asal Kabupaten Cianjur yang suspek cacar monyet.

"Jadi kami lakukan penelusuran terhadap kontak eratnya saja, tapi setelah diperiksa, dia tidak merasakan gejala yang sama," tegas Dwihadi.

Dengan hasil tersebut, pihaknya memastikan sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus cacar monyet di Kota Cimahi. Namun pihaknya tetap melakukan antisipasi agar penyakit ini tidak menyebar di wilayah Cimahi.

"Sampai saat ini kasus cacar monyet di Cimahi tidak ada, jadi kalau ada yang merasakan gejala cacar monyet harus langsung berobat ke fasilitas kesehatan, nanti akan langsung dilakukan pemeriksaan," pungkas Dwihadi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes KBB Nurul Rasihan mengatakan, pria asal Cianjur yang ditemukan suspek cacar monyet merupakan penyintas HIV yang rutin melakukan pemeriksaan di Puskesmas Padalarang, KBB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)