Warga Karawang Terpapar Cacar Monyet, Dinkes: Benar, Sudah Sembuh!

Sabtu, 04 November 2023 - 13:24 WIB
loading...
Warga Karawang Terpapar Cacar Monyet, Dinkes: Benar, Sudah Sembuh!
Kepala Dinkes Karawang Endang Suryadi. Foto/MPI/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Dinas Kesehatan Karawang menyebutkan seorang warganya terpapar penyakit cacar monyet. Petugas langsung melakukan tracing terhadap keluarga dan kerabat pasien yang terpapar cacar monyet guna menghindari penyebaran.

Meski pasien cacar monyet dirawat di rumah sakit Jakarta karena tinggal dan bekerja di Jakarta, namun masih sering kembali ke Karawang.

Kepala Dinas Kesehatan Karawang Endang Suryadi mengatakan, seorang warga Karawang positif terpapar cacar monyet dan dirawat di rumah sakit di Jakarta. Namun pasien tersebut tidak tinggal di Karawang karena bekerja di Jakarta.



”Iya betul ada seorang warga Karawang yang terpapar cacar monyet berdasarkan keterangan dari Kementerian Kesehatan. Kami langsung menindaklanjuti informasi tersebut dengan mencari keluarganya yang tinggal di Karawang,” kata Endang Suryadi, Sabtu (4/11/23).

Menurut Endang, guna mencegah penyebaran penyakit cacar monyet petugas Diskes kemudian melakukan tracing kepada keluarganya yang tinggal di Karawang. Berdasarkan hasil tracing terhadap keluarga pasien hasilnya negatif.

Kemudian petugas Dinkes juga menyisir teman dekat pasien dan hasilnya juga negatif. “Kami langsung melakukan tracing terhadap keluarga dan juga teman dekat pasien hasilnya negatif semua. Kami lakukan ini untuk mencegah terjadi penyebaran,” ungkapnya.



Endang mengatakan warga Karawang yang menderita cacar monyet terpapar saat di Jakarta. Pasien diketahui tinggal dan bekerja di Jakarta. Namun untuk memastikan tidak terjadi penyebaran pihaknya melakukan tracing kepada setiap orang yang berhubungan dengan pasien.

“Sementara ini kami bisa memastikan situasinya sudah aman dan tidak ada penyebaran. Pasien yang dirawat di Jakarta juga sudah sembuh dan kembali ke rumahnya, namun kami masih terus melakukan tracing,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0778 seconds (0.1#10.140)