Kisah Mistis Alas Purwo Dijaga Wanita Cantik Bernama Gayatri

Senin, 18 Juli 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Earl Drake mengisahkan, usai Kerajaan Singsari dihancurkan Kerajaan Kadiri, Gayatri bertekat untuk membangun kembali kejayaan Kerajaan Singasari yang sempat luluhlantak akibat serangan Jayakatwang. Bahkan, Gayatri juga menyusun berbagai strategi, untuk membangun tatanan pemerintahan di atas sisa kejayaan Kerajaan Singsari.



Gayatri yang bergelar Rajapatni, merupakan bagian dari empat putri Kertanegara, yang dipersunting seluruhnya oleh Raden Wijaya, raja pertama dan pendiri Kerajaan Majapahit. Gayatri juga digambarkan sebagai sosok Prajnaparamita atau Dewi Kebijaksanaan Tertinggi.

Peran Gayatri sangat penting untuk mendukung Raden Wijaya membangun Kerajaan Majapahit. Dari pernikahannya, Gayatri melahirkan seorang putri, Tribhuana Tunggadewi. Putri kesayangannya tersebut, sempat menjadi Raja Majapahit, sebelum akhirnya diteruskan oleh puteranya Raja Hayam Wuruk.

Bahkan, Hayam Wuruk yang merupakan cucu Gayatri, membawa Kerajaan Majapahit berada pada masa keemasan, dan menjadi kerajaan terbesar di Nusantara. Bersama Mahapatih Gajahmada, Raja Hayam Wuruk membawa Majapahit sebagai kerajaan terkuat.

Earl Drake dalam bukunya menyebut, sejak meninggalnya raja kedua Kerajaan Majapahit, Jayanegara, yang merupakan putre dari Raden Wijaya, Gayatri seharusnya diangkat menjadi Raja Majapahit, karena saat itu Jayanegara tidak memiliki anak.

Namun, Gayatri memilih untuk tidak menjadi Raja Majapahit, karena sudah menjadi Bhiksuni. Kekuasaan Majapahit, diserahkan kepada putrinya, Tribhuwana Tunggadewi, untuk menggantikan Jayanegara yang telah mangkat.



Gayatri memilih peran menjadi penjaga kedamaian, dan memastikan Kerajaan Majapahit berjalan di jalan yang tepat, dengan dipimpin orang-orang yang tepat pula. Dia tidak mengedepankan egonya untuk berkuasa, dan lebih memilih untuk memikirkan masa depan Kerajaan Majapahit.

Gambaran sosok Gayatri putri bungsu Kertanegara itu, tentunya memiliki kemiripan sifat dengan sosok Gayatri penunggu Alas Purwo. Terlepas dari misteri sosok Gayatri, hingga kini Alas Purwo masih tetap terjaga dan lestari, dan menjadi tempat hidup bagi ribuan spesies satwa dan tanaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3395 seconds (0.1#10.140)