Kisah Mistis Alas Purwo Dijaga Wanita Cantik Bernama Gayatri

Senin, 18 Juli 2022 - 06:30 WIB
loading...
Kisah Mistis Alas Purwo Dijaga Wanita Cantik Bernama Gayatri
Sendang Lanang, yang berada di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, menjadi salah satu lokasi mistis di hutan tersebut. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
Kawasan selatan Banyuwangi, tak sekedar menyajikan bentang keindahan alam yang masih alami, namun juga menghadirkan banyak kisah mistis yang hingga kini masih menjadi misteri. Salah satunya kisah mistis di Alas Purwo.

Baca juga: Gayatri Rajapatni Wafat, Raja Majapahit Hayawurung Gelar Perayaan Tujuh Hari 7 Malam

Alas Purwo merupakan taman nasional yang dilindungi, dan terletak di wilayah selatan Kabupaten Banyuwangi. Hutan lebat di ujung timur Pulau Jawa ini, secara administrasi masuk wilayah Kecamatan Tegaldlimo, dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi.



Hutan yang berbatasan langsung dengan pesisir selatan Pulau Jawa tersebut, sering dikaitkan dengan berbagai ritual mistis mencari kesaktian. Alas Purwo, juag selalu dikaitkan dengan sosok wanita cantik penunggunya, yakni Gayatri.

Baca juga: Kisah Sunan Ngudung, Panglima Perang Demak yang Gugur saat Memimpin Penyerangan ke Majapahit

Dilansir dari yukbanyuwangi.co.id, sosok Gayatri disebut sebagai wanita cantik penunggu Alas Purwo, yang tidak mengganggu manusia. Hanya orang-orang tertentu saja yang akan ditemui sosok wanita cantik berpakaian adat Jawa tersebut.

Dalam situs pemandu wisata yukbanyuwangi.co.id tersebut, dijelaskan keberadaan Gayatri di Alas Purwo memiliki tugas untuk menjaga perilaku dan tutur kata seluruh penghuni alam semesta, dan menebarkan kedamaian.

Keberadaannya disebut-sebut berada di Air Terjun Pancur yang lokasinya berada di tengah Alas Purwo, dan berdekatan dengan pantai. Cerita rakyat yang berkembang di masyarakat, sosok Gayatri ini disebut ada keterkaitannya dengan Kerajaan Singasari, dan Kerajaan Majapahit.

Apabila dikaitkan dengan Kerajaan Singasari, dan Kerajaan Majapahit, Gayatri merupakan putri bungsu terakhir Kerajaan Singasari, Kertanegara. Gayatri sebagai putri bungsu Kertanegara ini, juga dikisahkan oleh Earl Drake, dalam bukunya yang berjudul "Gayatri Rajapatni; Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1348 seconds (10.55#12.26)