Pergerakan Pemilih Baru di Kota Makassar Rendah

Kamis, 06 Januari 2022 - 11:49 WIB
loading...
Pergerakan Pemilih Baru di Kota Makassar Rendah
KPU Kota Makassar menemukan rendahnya pergerakan penambahan pemilih baru pada periode 2021. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pergerakan jumlah pemilih baru di Kota Makassar sangat rendah. KPU Makassar sulit menemukan potensi pemilih baru untuk dimasukkan dalam daftar pemilih.

Pada periode Desember 2021 saja, pemilih baru yang ditemukan hanya belasan. Jumlahnya cuma 17 orang, dengan laki-laki 8 orang dan perempuan 11 orang.

Baca Juga: KPU
Berbanding terbalik dengan pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yang jumlahnya ratusan pada periode Desember. Bahkan menyentuh angka 324 orang dengan rincian laki-laki 175 orang dan perempuan 149 orang. Pemilih ini didominasi oleh pemilih yang meninggal.

Komisioner KPU Makassar , Romy Harminto mengakui pergerakan pemilih baru di Kota Makassar memang sangat rendah. Salah satu penyebabnya karena tak ada kerja sama dengan Disdukcapil.

"Pergerakan data pemilih baru di Makassar itu rendah sekali. Koordinasi tidak dilakukan, tidak ada ruang koordinasi kami (KPU) dengan Disdukcapil Kota Makassar," kata Romy.

Baca Juga: KPU
"Kami sudah kirim data 9.677 orang ini ke Disdukcapil sejak November 2021. Tapi sampai saat ini Disdukcapil tidak merespons. Padahal kami ingin tahu, apakah 9.677 ini sudah berKTP-el atau belum," ujarnya.

Menurut Romy, situasi ini membuat data pemilih baru terhambat. Respons Disdukcapil sangat diharapkan KPU untuk mendapatkan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) yang optimal.

"Makanya kami akan menyurat ke Pak Wali Kota terkait ini. Apakah memang Disdukcapil tidak boleh (melakukan koordinasi). Kenapa sampai menutup datanya. Padahal kami hanya ingin menyinkronkan data. Kami tidak meminta data, kami hanya ingin menyinkronkan data," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)