3,5 Juta Surat Suara Pilkada Segera Mendarat di Sulsel

Kamis, 19 November 2020 - 13:11 WIB
loading...
3,5 Juta Surat Suara Pilkada Segera Mendarat di Sulsel
Sebanyak Menjelang Pilkada serentak di Sulsel, logistik pilkada sudah mulai dipersiapkan, salah satunya surat suara. Foto: Dok/SINDONews
A A A
MAKASSAR - Menjelang pemilihan kepala daerah ( Pilkada) serentak di Sulsel , 9 Desember mendatang, logistik pilkada pun suadah mulai dipersiapkan, tidak terkecuali surat suara. Sebanyak 12 kabupaten/kota di Sulsel akan berpilkada. Adapun surat suara yang dibutuhkan sebanyak 3.505.483 lembar.

Angka tersebut adalah total jumlah surat suara yang dibutuhkan oleh masing-masing KPU kabupaten/kota. Kebutuhan surat suara penyelenggara pemilu diatur di Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan. Tepatnya pada pasal 80 ayat (1), (2) dan (3). Surat suara mengacu pada jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU, ditambah 2,5% DPT setiap TPS.

Plus tambahan 2000 lembar surat suara untuk persiapan pemungutan suara ulang (PSU). KPU Makassar paling banyak memiliki surat suara di Pilkada tahun ini. Totalnya sampai 926.171 lembar surat suara. Jumlah ini sudah termasuk PSU. (Baca Juga: Wujud Nyata Aksi Lawan Corona, Tim Appi-Rahman: Kami Sudah Bagi 4 Juta Masker)

Ketua KPU Makassar, Farid Wadji mengatakan, pengcetakan surat suara sudah rampung. Saat ini sementara dalam proses pengiriman dari perusahaan PT Temprina Media Grafika, Gresik, Jawa Timur ke Makassar. "Surat suara lagi proses, sudah loading. Proyeksinya tanggal 20 (November) itu masuk di pelabuhan Makassar. Ekspedisinya namanya Tanto," kata Farid.

Dia menuturkan, jumlah surat suara yang dicetak oleh perusahaan, tak boleh lebih dan tak boleh kurang. Harus pas, sesuai dengan regulasi yang sudah diatur. “Kalau misalkan ada cacat produksi, maka kita minta ganti. Karena surat suara itu harus jumlahnya pas dengan rumus undang-undang," ucap Farid.

KPU Gowa berada di posisi kedua dengan jumlah surat suara yang dibutuhkan yakni 545.921 lembar. Disusul KPU Bulukumba di tempat ketiga surat suara terbanyak dengan jumlah 331.759 lembar. (Baca Juga: Debat Kembali Digelar di Jakarta, Polisi Imbau Paslon Tak Mobilisasi Massa)

Ketua KPU Bulukumba , Kaharuddin menuturkan surat suara untuk Pilkada Bulukumba 2020, dalam tahap menunggu pengiriman dari perusahaan percetakan. Ditargetkan, pekan ini akan segera dikirim. “Tanggal 17 November bergerak dari percetakan di Gresik ke Pelabuhan di Surabaya. Lalu diperkirakan tanggal 21 November (tiba di Bulukumba)," sebut Kahar.

Adapun KPU Kepulauan Selayar menjadi daerah yang paling sedikit membutuhkan surat suara. Jumlahnya cuma 98.314 lembar. Komisioner KPU Kepulauan Selayar, Andi Dewantara mengaku, pihaknya masih menunggu konfirmasi pengiriman dari perusahaan percetakan. Namun ditargetkan bisa sampai ke Tana Doang bulan ini. “Belum tahu jadwalnya, karena perusahaan yang distribusi pengirimannya. Kita menunggu saja,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2129 seconds (0.1#10.140)