Gubernur Paparkan Strategi Penanganan Covid-19 ke Ketua Gugus Tugas Pusat

Minggu, 07 Juni 2020 - 23:35 WIB
loading...
A A A
" Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu mengatakan, kehidupan kita sudah pasti berubah dan berbeda untuk mengatasi risiko wabah ini, tetapi kehidupan yang berbeda itu bukan kehidupan yang penuh pesimisme atau ketakutan," sebutnya.

Untuk itu, gubernur berlatar belakang akademisi ini mengajak semua pihak untuk menanamkan sikap optimisme yang dibarengi dengan doa, bahwa Sulsel akan melewati pandemi Covid-19 ini dengan selamat.

Sementara itu, Doni Manardo menyampaikan respons dari apa yang dipaparkan gubernur dan pakar epidemologi Unhas . Ada tiga jenis penyakit penyerta (komorbid) yang risikonya sangat tinggi di Sulsel. Yakni diabetes melitus, hipertensi dan jantung.

"Dengan data ini diharapkan warga Sulsel yang menderita penyakit diabetes, hipertensi dan jantung betul-betul menjaga diri untuk tidak melakukan aktivitas bertemu banyak orang di luar. Kalau tidak penting, tidak usah keluar," pesannya.



Ia juga menekan agar masyarakat selalu mengontrol tangan, karena salah satu penularan yang paling besar sumbernya adalah lewat tangan. Imunitas juga dijaga. Ketika terpapar bisa terinfeksi dan ketika imunitas tidak bagus bisa sakit.

"Kalau kita punya komorbid maka risikonya fatal. Oleh karenanya mengingatkan kita semua untuk memperhatikan protokol kesehatan ," pintanya.

Ia meyakini Sulsel sebagai lumbung pangan nasional akan bisa pulih dengan kekompakan, kebersamaan dan gotong royong serta semangat untuk menghadapi Covid-19.

"Walaupun hari ini angkanya tinggi, kita lihat nanti, tiga hingga empat minggu yang akan datang akan bisa lebih rendah, bahkan nol, karena dari kerja keras semua komponen masyarakat di Sulsel," pungkasnya.
(luq)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)