Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Cerita Pagi

Kisah Kesaktian Eyang Bintulu Aji, Sang Pamomong Wahyu Keraton Mataram

loading...
Kisah Kesaktian Eyang Bintulu Aji, Sang Pamomong Wahyu Keraton Mataram
Makam dan petilasan Eyang Bintulu Aji di Dusun Jamburejo, Kalurahan Sodo, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DIY. Foto/Ist
Berbicara Keraton Mataram, tidak bisa lepas dari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di wilayah yang dulu dikenal tandus dan gersang inilah wahyu Keraton Mataram berhasil didapatkan Ki Ageng Pemanahan yang kemudian menasbihkan anak kandungnya, Danang Sutowijoyo sebagai Raja Mataram pertama dengan gelar Panembahan Senopati.

Sejarah wahyu Keraton Mataram dalam kelapa muda dengan nama gagak emprit didapatkan setelah sebelumnya juga diyakini Ki Ageng Giring yang sama-sama menerima bisikan atas kelapa gagak emprit tersebut.

Namun Ki Ageng Pemanahan yang bertapa di Kembang Lampir daerah Giri Sekar Panggang yang datang di rumah ki Ageng Giring di Desa Giring, Paliyan justru minum kelapa gagak emprit yang juga akan diminum Ki Ageng Giring sepulang darisawah.

Akhirnya Ki Ageng Giring yang sama-sama menerima bisikan atau isaroh harus menerima kenyataan kalah dengan Ki Ageng Pemanahan yang juga saudara seperguruannya.



Baca juga: Kisah Kali Gowang, Ki Ageng Giring Menahan Diri Tak Dapat Wahyu Keraton Mataram

Padahal kelapa yang ditanam oleh Ki Ageng Giring atas wasiat Sunan Kalijaga itu hanya berbuah satu butir saja. Setelah melihat ada yang aneh dan mendapatkan bisikan sebagai wahyu kerajaan di Jawa (Mataram), kelapa yang memancarkan sinar putih itu akhirnya dipetik dan dibawa ke rumahnya. Namun takdir berkata lain, Ki Ageng Pemanahan yang meminum air kelapa itu.

Baca juga: Kisah Lamajang Tigang Juru, Kerajaan di Selatan Mahameru yang Menggetarkan Majapahit

Dibalik cerita itu juga muncul seorang tokoh dengan nama Eyang Bintulu Aji. Nama Bintulu Aji begitu kuat menjadi bagian dari sejarah wahyu KeratonMataram. Dia lah tokohyang merawat kelapa gagak emprit hingga hanya berbuah satu butir saja.

Keanehan dan juga keyakinan mengenai wahyu Kerajaan di Jawa juga diterimanya melalui bisikan gaib. Eyang Bintuluyang dengan tekun merawat kelapa memanggilKi Ageng Giring untuk segera memetik kelapa tersebut jarena memancarkan sinar berwarna putih yang cukup kuat.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top