Nilai-nilai Kebangsaan Tetap Ditumbuhkan di Era Industri 4.0

loading...
Nilai-nilai Kebangsaan Tetap Ditumbuhkan di Era Industri 4.0
Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI yang digelar Anggota DPD perwakilan DIY, Cholid Mahmud. Foto/SINDOnews/Suharjono
YOGYAKARTA - Pengamalan nilai-nilai kebangsaan seperti nilai-nilai dalam Pancasila, dan UUD 1945, sangat dibutuhkan untuk menghadapi ancaman atau manuver asing di Indonesia. Terlebih generasi yang berhadapan langsung dengan era industri 4.0, sehingga sudah tertanam fondasi kuat generasi muda sebagai generasi Pancasila.

(Baca juga: 4 Bandara Tak Mampu Deteksi Sabu yang Disembunyikan Dalam Anus NN)

Anggota DPD, Cholid Mahmud mengatakan, saat ini banyak tantangan dan hambatan dalam menghadapi berbagai ancaman. Seperti halnya berbagai manuver asing di perairan wilayah yurisdiksi nasional, munculnya berbagai konflik terkait isu SARA, degradasi moral, dan lain-lain.

"Makanya pengamalan dan upaya menjalankan nilai-nilai dasar negara sangat penting, termasuk untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih maju, lebih percaya diri, dan searah dengan cita-cita dan tujuan nasional yang telah digariskan oleh para pendiri Negara ini," terangnya dalam Sosialisasi Tata Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Yogyakarta, Minggu (20/9/2020).



Dijelaskannya, MPR menggelar pemantapan nilai-nilai kebangsaan melalui Sosialisasi Tata Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika ini dengan harapan dapat memupuk rasa, paham, dan semangat kebangsaan masyarakat untuk menjadi manusia berkarakter kebangsaan yang kuat.

(Baca juga: KA Hantam Minibus yang Angkut Satu Keluarga, 1 Tewas)

"Pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini bertujuan mentransformasikan, menumbuhkan, dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan kepada setiap komponen bangsa yang bersumber dari nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, dan NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," ulasnya.



Diharapkannya, dengan nilai-nilai empat konsensus dasar kebangsaan tersebut dapat tercermin di dalam pemikiran, sikap dan perilaku setiap Warga Negara Indonesia.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top