Waspadai Klaster Nakes, Prof Ridwan: Penularan Bukan Terjadi di RS

Kamis, 16 Juli 2020 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Ridwan mengaku, Kabupaten Bone perlu diwaspadai. Pasalnya di daerah ini terkonfirmasi ada 6 kasus baru positif COVID-19. Padahal selama ini angka kasus positifnya sempat nol hingga kembali mulai melonjak. Baca Lagi : Tekan COVID-19, Jokowi Minta Perjalanan Lintas Wilayah Dikendalikan

"Ini potensi yang mendapat perhatuan serius. Selama ini kasusnya 0 kemudian terjadi lonjakan yang tinggi dari sisi perhitungan angka reproduksinya (Rt) menjadi 4,87. Hal-hal yang perlu dilakukan melakukan tracing kepada kontak erat dari 6 kasus yang terkonfirmasi ini," harap dia.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas ini juga berharap, kebijakan Pemkot Makassar yang memberlakukan pembatasan perjalanan lintas wilayah bisa memberi kontribusi pada pelandaian kurva pandemi di Sulsel. Diharapkan, minimal seminggu kedepan sudah ada efek dari kebijakan ini.

"Beberapa studi menyatakan bahwa intervensi seperti ini, itu akan memberikan dampak kurang lebih seminggu atau 12 hari setelah intervensi berjalan. Jadi ini diharapkan memberi dampak pelandaian kurva. Tidak serta merta langsung turun, tapu memberikan dampak pada 12 hari kedepan,"pungkas Ridwan.
(sri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)