Berbagai Komunitas di Kediri Donor Darah dan Berbagi dengan Tim Medis

Minggu, 04 Desember 2022 - 23:00 WIB
loading...
Berbagai Komunitas di Kediri Donor Darah dan Berbagi dengan Tim Medis
Berbagai komunitas mengikuti donor darah yang digelar Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Kediri.
A A A
KEDIRI - Berbagai komunitas mengikuti donor darah yang digelar Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Kediri. Selain donor darah, berbagai komunitas itu juga berbagi sembako kepada tenaga kesehatan.

Koordinator acara Dian Hanafi mengatakan kegiatan ini mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022. Kegiatan ini digelar serentak seluruh Indonesia Timur, termasuk juga di Kediri, Jawa Timur.

"Kami menggelar donor darah yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, temanya KITA adalah Pahlawan. Jadi sebelum donor darah dilakukan, berbagai komunitas ini juga berbagi dengan petugas medis khususnya statusnya yang masih kontrak. Mereka berbagi sembako sebanyak 40 paket. Secara umum tenaga medis ini adalah pahlawan masa kini," jelas Dian Hanafi, Sabtu (4/11/2022).

Baca juga: Komunitas di Tulungagung Donor Darah dan Bagikan Sembako untuk Pahlawan Jalanan

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, fans club, serta esport ini sebelumnya juga menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di Kediri. Setelah itu mereka menggelar aksi donor darah.

Untuk komunitas yang terlibat kegiatan donor darah ini adalah anak motor YVCI kediri, SMI Kediri, JBI Kediri, kemudian ada Max Independent Kediri. Lalu ada Karang Taruna Kecamatan Kota Kediri, lalu fans club Indobarca Kediri, Milandoneri Kediri, CISC Kediri, dan anak esport Indonesia chapter Kediri," ungkapnya.

Aksi donor ini dikuti 55 pendaftar, namun karena harus memenuhi syarat sepert tensi darah dan lainnya, donor hanya bisa dilakukan pada 33 peserta.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 Nopember 2022 kemarin.

Total ada 726 komunitas di lebih dari 70 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi. Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.

Tahun sebelumnya program yang sama juga digelar dengan berhasil mengumpulkan 4.547 kantong darah dari total hampir 5.000 orang pendaftar.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2870 seconds (11.210#12.26)