Gelombang Laut Tinggi, Pasokan Ikan di Natuna Menurun

Senin, 17 Oktober 2022 - 02:51 WIB
loading...
Gelombang Laut Tinggi, Pasokan Ikan di Natuna Menurun
Pasokan ikan di Pasar Ranai Kabupaten Natuna berkurang akibat gelombang tinggi. Foto/Ilustrasi
A A A
NATUNA - Cuaca ekstrem yang memicu terjadinya gelombang laut tinggi, berdampa besar terhadap pasokan ikan di sejumlah pasar di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Penurunan pasokan ikan itu, salah satunya terjadi di Pasar Ranai.

Baca juga: Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Selatan Kebumen, Ratusan Warung Hancur

Adanya penurunan pasokan ikan tersebut, diakui pedagang ikan di Pasar Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Sukrianto. "Sudah sekitar satu minggu ini pasokan ikan di pasaran terus berkurang," katanya.



Pasar Ikan Ranai kini terlihat sepi pedagang, hanya beberapa pedagang yang masih terlihat menjual jenis ikan tertentu saja. "Yang lain tidak berjulalan karena tidak kebagian ikan untuk dijual. Sebab tangkapan nelayan berkurang akibat cuaca ekstrem," ungkap Sukrianto.

Baca juga: Gas Elpiji Bocor, Belasan Tamu dan Juru Masak Acara Hajatan Dilarikan ke Puskesmas

Menurunnya pasokan ikan tersebut, membuat harga ikan naik. Kenaikan harga ikan ini, salah satunya terjadi pada jenis ikan karang. Biasanya ikan karang dijual Rp25 ribu per kg, kini menjadi Rp30 ribu per kg. "Sudah naik, ikannya bukan dari sini, dari kecamatan lain. Setiap tahun seperti ini, sudah biasa," ungkapnya.

Baca juga: Syukuran Juara KTA Online Terbanyak, DPC Partai Perindo Sunggal Bagikan 500 Karung Beras

Salah satu nelayan Pering, Fredy menyebut, saat ini nelayan belum berani melaut karena gelombang laut tinggi mencapai empat meter disertai hujan petir dan angin kencang. "Ini ramai (nelayan pering) di pelabuhan nelayan lagi ngumpul, tidak melaut," jelasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1896 seconds (11.97#12.26)