Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Selatan Kebumen, Ratusan Warung Hancur

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:53 WIB
loading...
Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Selatan Kebumen, Ratusan Warung Hancur
Gelombang tinggi menerjang pantai selatan Kabupaten Kebumen, akibatnya ratusan warung milik pedagang hancur. Foto/iNews TV/Joe Hartoyo
A A A
KEBUMEN - Ratusan warung milik pedagang di Pantai Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, hancur diterjang gelombang tinggi, Selasa (30/8/2022). Tinggi gelombang yang menerjang pesisir selatan Kebumen, mencapai empat meter.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi hingga 5 Meter di Laut Selatan Jabar

Peristiwa gelombang tinggi menghantam pesisir selatan Kebumen itu, terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun para pedagang mengalami kerugian besar karena warungnya hancur.



Anggota TNI, Polri, dan Kecamatan Puring, langsung mendatangi lokasi gelombang tinggi, untuk membantu para pedagang dan warga mengevakuasi barang-barangnya. Dalam sebuah rekaman, juga terlihat para nelayan berlarian menyelamatkan perahunya, karena sempat terseret ombak.

Baca juga: Geledah Celana Dalam Ibu Muda Berdaster, Polwan Polres Bangkalan Temukan Sabu

Kabagops Polres Kebumen, Kompol Setyoko mengatakan, petugas gabungan terus memantau kondisi di lapangan, dan membantu warga mengevakuasi barang-barang milik warga. "Kami juga mengimbau agar wisatawan dan warga menjauhi bibir pantai," tuturnya.

Gelombang Tinggi Hantam Pesisir Selatan Kebumen, Ratusan Warung Hancur


Setyoko menambahkan, kejadian gelombang tinggi tersebut sangat cepat, dan tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Setelah itu gelombang laut kembali normal. Meski demikian, warga diimbau untuk waspada karena sangat membahayakan.

Baca juga: Pemberontak Lancarkan Serangan Mematikan, Pertempuran Sengit Pecah di Balai Kota Cirebon

Anggota polisi juga terus berpatroli di pesisir selatan Kebumen, mengimbau warga agar tidak berada di bibir pantai. Dari data BMKG Cilacap disebutkan, perairan laut selatan Kebumen berpotensi terjadi gelombang tinggi 4-6 meter, sepanjang Rabu (30/8/2022), pukul 07.00-19.00 WIB.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (11.252#12.26)