Turis Asing Dikecam gara-gara Kencing Sembarangan di Gunung Bromo

Rabu, 14 September 2022 - 20:43 WIB
loading...
A A A
"Yang jelas kita sampaikan kekecewaan keprihatinan di samping perilaku itu nggak etis. Bule juga katrok kencing sembarangan. Bromo itu lokasi seluruhnya, disamping estetika juga disucikan, dan dihormati oleh masyarakat Tengger," ujarnya.

Nantinya pihaknya akan terus mengedukasi dan menyosialisasikan terkait aturan menghormati kearifan lokal masyarakat Suku Tengger kepada pelaku jasa wisata di Gunung Bromo.

"Kita punya forum pelaku jasa wisata nanti akan kita sampaikan walaupun di booking Bromo online ada ketentuan aturannya. Salah satunya menghormati aturan kearifan lokal masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: 2 Tersangka Penganiayaan Santri Pondok Gontor Menangis dan Minta Maaf

Sebelumnya diberitakan dalam sebuah video berdurasi 25 detik yang diunggah oleh akun Instagram @hometown.earth terlihat seorang turis asing tengah kencing ke arah kawah Gunung Bromo.

Aksi turis berambut pirang yang diikat ini sontak menuai kecaman, khususnya dari warga Suku Tengger yang menganggap Gunung Bromo adalah gunung suci. Video ini pun dihapus oleh akun tersebut dan tak tampak lagi.

Kecaman dari video itu memperlihatkan bagaimana kesakralan Gunung Bromo. Apalagi di puncak kawah Gunung Bromo itulah biasanya masyarakat Tengger melarung atau membuang sesajen selepas Upacara Yadnya Kasada. Upacara itu membuktikan bagaimana Gunung Bromo disakralkan dan dianggap menjadi tempat tinggal dewa.
(nic)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1529 seconds (10.55#12.26)