IPPI Kecam Pernyataan Wagub Jabar, Poligami Bukan Solusi Tekan HIV/AIDS

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:13 WIB
loading...
A A A
Melalui kespro, anak-anak usia sekolah juga bisa membangun kesadaran tentang bahaya hubungan seks bebas.



"Menurut aku, daripada menyuruh anak muda menikah, mendingan kasih mereka pendidikan lespro sejak di usia sekolah, karena bisa diberikan dengan tepat. Mereka bisa paham tentang tubuhnya, kemudian bisa melindungi dirinya karena mereka jadi tahu risikonya," kata dia.

"Coba deh itu ada UU Pasal 31 ayat 1, warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Itu aja dulu dipenuhin tuh, termasuk di dalamnya pendidikan seksual dan reproduksi," sambung Ayu.

Selain itu, Ayu pun menilai bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan yang hendak menikah pun penting sebagai upaya deteksi dini.



"Jikapun nantinya didapati ada salah satu pasangan yang terinfeksi, pernikahan dapat tetap dilangsungkan bila berada dalam kondisi baik dan paham soal cara pencegahan penularannya. Jadi, strateginya harus lebih hati-hati kalau bicara penanggulangan," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Uu melihat fenomena banyaknya ibu rumah tangga (IRT) tertular HIV/AIDS, maka salah satu solusinya adalah berpoligami agar suami tidak 'jajan sembarangan'.

Menurutnya, bila suami tidak cukup dengan satu pasangan, maka agama pun mengizinkan suami berpoligami dengan syarat dan sejumlah catatan besar seperti harus mampu adil dan bijaksana.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)