Waspada! Kasus HIV/AIDS di Garut Meningkat

Selasa, 26 September 2023 - 14:21 WIB
loading...
Waspada! Kasus HIV/AIDS di Garut Meningkat
Tahun ini sebanyak 20 warga Kabupaten Garut meninggal dunia terinfeksi HIV/AIDS. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
GARUT - Perkembangan kasus penularan penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Garut dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pemkab Garut menyebutkan pada tahun ini hingga Agustus tercatat 152 kasus, 20 di antaranya meninggal dunia.

”Tahun 2022 ada 212 kasus dan 61 orang mmeninggal dunia. Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Garut tergolong tinggi setelah dilakukan screening secara intensif,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KabupatebnGarut Leli Yuliani, Selasa (26/9/2023).

Menurut dia, indikator penyebab tingginya kasus HIV/AIDS ini akibat terjadinya hubungan seksual sesama jenis seperti lelaki seks lelaki (LSL) dan narkoba. “Kemungkinan sampai akhir tahun ini akan terus bertambah seiring dengan peningkatan screeningnya,” katanya.

Saat ini, kata dia, perawatan serta pengobatan bagi pengidap HIV/AIDS tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit.



“Tentunya kami memperluas jaringan perawatan selain di rumah sakit, sejumlah puskesmas termasuk di wilayah Garut Selatan sudah bisa dilakukan perawatan bagi kasus penyakit HIV/AIDS,” ucapnya.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kabupaten Garut, Denden Supresiana, menuturkan sebaran kasus HIV/AIDS saat ini telah terjadi di seluruh 42 Kecamatan. Padahal sebelumnya masih ada beberapa wilayah saja.

“Jumlah kasus HIV/AIDS paling dominan di wilayah perkotaan. Seperti Garut Kota, Tarogong Kidul, Karangpawitan, Tarogong Kaler, dan Cilawu. Lima kecamatan ini adalah wilayah dengan kasus HIV/AIDS tertinggi di Garut,” kata Denden.



Dia memaparkan kasus HIV/AIDS di Kecamatan Garut Kota mencapai 255 orang dengan rincian 118 AIDS dan 97 HIV, Kecamatan Tarogong Kidul sebanyak 118 kasus di antaranya 70 AIDS dan 48 HIV.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)