Ngeri! 110 Warga Kolaka Positif HIV/AIDS, 11.000 Tertular

Selasa, 24 Oktober 2023 - 18:18 WIB
loading...
Ngeri! 110 Warga Kolaka Positif HIV/AIDS, 11.000 Tertular
Perkembangan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) kian meresahkan. Foto/Ilustrasi
A A A
KOLAKA - Perkembangan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) kian meresahkan. Pemerintah setempat mencatat sebanyak 110 warganya telah terjangkit penyakit mematikan tersebut hingga Oktober 2023.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kolut Muhammad Aris mengungkapkan, 13 puskesmas di wilayahnya telah menangani 110 penderita dengan sebaran terbanyak di Puskesmas Kolaka sejumlah 30 kasus, Pomalaa 27, dan Toshiba 10 penderita.

”Berdasarkan teori jika terdapat satu penderita maka 100 orang telah terinfeksi. Sekarang berjumlah 110 maka diperkirakan telah menulari sekitar 11.000 orang lainnya,” kata Aris kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).



Kasus HIV/AIDS tahun sebelunya tidak pernah mencapai angka seratus termasuk yang telah meninggal dunia. Beberapa penderita merupakan pasien di rumah sakit, ibu hamil yang dilakukan skrining dan beberapa di antaranya terdeteksi setelah memeriksakan diri ke sejumlah faskes.

Ia mengaku prihatin karena HIV/AIDS menjangkiti para ibu hamil yang kuat dugaan ditulari sang suami yang telah terinfeksi. “Risiko tertular jarum suntik saat memeriksakan diri di fakses potensinya kecil karena kami tidak lagi pakai jarum dua kali,” imbuhnya.



Beberapa penderita diduga karena gunakan narkotika via suntik, seks bebas termasuk penyimpangan seksual hubungan sesama jenis (LGBT). Penderita dikemukakan banyak yang berprofesi sebagai pekerja tambang termasuk suami yang istrinya telah ditulari.

Aris mengingatkan warganya agar sekiranya menghindari sumber penyebab yang akan menularinya HIV/AIDS. Pasalnya, penyakit tersebut sulit disembuhkan dan bermuara kepada kematian bagi penderitanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)