Kisah Kyai dan Nyai Pasir, Sepasang Naga yang Membentuk Telaga Sarangan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Karena tekanan ini, akhirnya Nyai Pasir pergi ke ladang untuk menemui suaminya untuk meminta bantuan. Tapi bukan suaminya yang ditemui, tapi naga besar yang menakutkan dan mengerikan. Nyai Pasir terkejut dan ketakutan ketika dia melihat naga tersebut.



Tetapi karena rasa sakit yang menyerangnya akan lebih parah, Nyai Pasir tidak mampu tinggal lagi dan terjatuh ke tanah. Lalu, sama dengan suaminya, tak lama Nyai Pasir pun telah berubah menjadi seekor naga besar, dengan gigi panjang dan sangat mengerikan.

Kedua naga tadi terus menerus berguling dan menyebabkan tanah di bawahnya berbentuk seperti cekungan, semakin berongga dan mendalam. Dalam cekungan tanah yang begitu mendalam dan luas tersebut keluarlah semburan air yang besar yang bersinar di mana-mana.

Dalam waktu singkat, lubang atau cekungan tadi penuh dengan air dan Kyai Pasir mengubah pertanian menjadi kolam besar yang disebut 'Telaga' (Danau). Danau ini oleh masyarakat lokal pertama adalah bernama 'Telaga Pasir' (Danau Pasir), karena Kyai Pasir dan Nyai Pasir lah yang membuat danau ini, dan kini lebih dikenal dengan nama Telaga Sarangan.

Sumber: Cerita Rakyat
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)