Legenda I Laurang, Manusia Udang Berubah Jadi Pria Tampan Penakluk Hati Putri Raja

Jum'at, 29 Juli 2022 - 08:15 WIB
loading...
Legenda I Laurang, Manusia Udang Berubah Jadi Pria Tampan Penakluk Hati Putri Raja
Legenda I Laurang, manusia udang yang berubah wujud jadi pria tampan usai lamarannya diterima putri raja. Foto:Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SETIAP daerah memiliki cerita dan legenda yang patut menjadi inspirasi dan pelajaran dalam hidup, salah satunya cerita dari Sulawesi Selatan tentang I Laurang, manusia udang yang ternyata memiliki wujud tampan dan memikat hati para wanita yang melihatnya.

Cerita manusia udang ini berawal dari pasangan suami istri yang telah lama menikah namun belum juga dikaruniai anak. Siang malam pasutri ini terus berdoa agar diberikan keturunan, hingga usia mereka menginjak paruh baya doa mereka belum juga terkabul.

Di ujung keputusasaan, mereka pun berdoa, Tuhan, karuniakanlah kepada kami anak meskipun dalam bentuk udang. Ternyata doa mereka pun terkabul. Beberapa bulan kemudian, sang istri pun hamil dan disambut suka cita.



Setelah menunggu Sembilan bulan, anak yang dinanti-nantikan pun hadir, sang istri melahirkan, namun alangkah tekejutnya mereka karena anak yang dilahirkan dalam bentuk udang.

Kata sang istri, papa kenapa anak kita berbentuk udang? Kata sang suami, kenapa kamu begitu heran, bukan kah kita telah meminta kepada Tuhan seorang anak meskipun dalam bentuk udang? Setelah memahami kondisi itu si istri pun sadar. Mereka pun menamai anaknya I Laurang yang artinya manusia udang.

Meski dalam bentuk udang, pasangan ini tetap menyayanginya. I Laurang pun tumbuh seperti anak-anak lainnya, namun sayang hari-harinya dia habisnya dalam tempayan. Sesekali ia hidup di darat tapi dia tidak bisa berjalan sendiri karena kakinya terbungkus lapisan seperti kulit udang.

Meski demikian, dia tetap mengetahui perkembangan di luar sana karena sang ibu sering menceritakannya. Salah satunya tentang sang raja yang memiliki 7 putri yang cantik jelita. I Laurang pun bisa membayangkan kecantikan putri raja hingga berharap kelak suatu hari nanti bisa menikahi salah satunya.

Mereka tidak kecewa dan tetap menyayangi anak itu. Anak itu diberi nama I Laurang yang artinya manusia udang.

Meski memiliki penampilan seperti udang dan tidak bisa pergi kemanapun, I Laurang tetap mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di luar karena ibunya rajin bercerita padanya. Suatu hari ibunya menceritakan tentang kecantikan tujuh putri Raja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)