Tikaman Belati Ra Tanca pada Raja Majapahit Membuka Jalan Trah Kertanegara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Kedatangan Dara Petak di istana kaputren Majapahit menggeser kedudukan Tribuwana, putri tertua Raja Singasari Kertanegara yang lebih dulu dinikahi Raden Wijaya. Sejak menjadi indreswari Dara Petak berambisi keturunannya yang akan melanjutkan tahta Majapahit. Hal itu sekaligus menutup peluang trah langsung Kertanegara.



Sementara dari perkawinannya dengan Tribuwana dan Gayatri (Keduanya putri Raja Singasari Kertanegara), Raden Wijaya memiliki dua anak perempuan. Masing-masing bernama Tribuwanatunggadewi dan Radjadewi Maharadjasa. Keduanya juga dikenal dengan nama Bhre Kahuripan dan Bhre Daha.

Jayanegara yang sejak muda diangkat sebagai calon pewaris tahta Majapahit mengambil tempat latihan kekuasan di Dahanapura (sekarang Kediri). Ia sengaja mendekati tempat saudari tirinya karena khawatir akan disaingi. Termasuk saat menjadi raja, ia juga melarang Tribuwanatunggadewi dan Radjadewi menikah.

Untuk melanggengkan kekuasaannya Jayanegara membentuk pasukan Dharmaputra yang berisi tujuh orang senopati pilihan. Mereka adalah Ra Tanca, Ra Kuti, Ra Semi, Ra Pangsa, Ra Wedeng, Ra Juju dan Ra Banyak.

Dharmaputra semacam pasukan khusus yang mendapat keistimewaan raja. Mereka yang tergabung dalam Dharmaputra menerima sebutan Pangalasan atau abdi dalem wineh suka.

"Yang diberi kesukaan atau yang agak diistimewakan," tulis Slamet Muljana mengartikan wineh suka. Jayanegara yang kurang bisa bersikap adil dan konon gemar bermain perempuan, kecolongan. Pasukan Dharmaputra yang dibentuk untuk mengamankan kekuasaannya justru menusuknya dari belakang.

Tidak lama sepulang dari Lumajang untuk menumpas pemberontakan Nambi. Jayanegara dikejutkan dengan pemberontakan Dharmaputra yang dipimpin Ra Kuti. Meski tidak berhasil mengambil nyawa Jayanegara, serangan Ra Kuti pada malam hari memaksa Raja Majapahit itu ke luar istana.

Dengan pengawalan 15 orang Bhayangkara, Jayanegara lari dan bersembunyi di wilayah Bedander (sekarang Desa Dander, Kabupaten Bojonegoro). "Kebetulan pada waktu itu yang mendapat giliran berjaga ialah bekel Gajah Mada dengan lima belas bawahannya". Lima hari berada di Bedander, Gajah Mada mencoba mencari tahu perkembangan peta politik.

Sementara Raja Jayanegara tetap berada di persembunyian, Gajah Mada diam-diam kembali ke Kotaraja. Gajah Mada mencoba merangkai kembali jaringan politik yang tercerai berai. Dari situ ia tahu bahwa rakyat dan elit politik Majapahit masih mendukung Jayanegara daripada Ra Kuti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)