Penyelidikan Dugaan Korupsi RSUD Wonosari Jalan di Tempat, Tersangka Jadi Pejabat

Senin, 30 Agustus 2021 - 02:06 WIB
loading...
Penyelidikan Dugaan Korupsi RSUD Wonosari Jalan di Tempat, Tersangka Jadi Pejabat
Penyelidikan dugaan korupsi RSUD Wonosari jalan di tempat, tersangka masih menjadi pejabat di Pemkab Gunungkidul. Foto/Ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Proses penyidikan kasus dugaan korupsi RSUD Wonosari, yang dilakukan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi DIY, hingga kini masih jalan di tempat. Salah satu tersangka, justru masih menjadi pejabat aktif di Pemkab Gunungkidul.



Direktur Divisi Pengaduan Masyarakat Jogja Corruption Watch (JCW), Baharudin Kamba mengatakan, kasus korupsi jasa medis ini diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp439 juta. "Kasusnya masih mandeg di Kejaksaan Tinggi DIY, kami berharap kasus ini segera dilanjutkan," terangnya dalam rilis tertulisnya.



Dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka, masing-masing mantan Direktur RSUD Wonosari, Isti Indiyani, serta Aris Suryanto mantan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang kini menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup.



Dijelaskannya, status tersangka yang kini disandang Aris Suryanto juga hendaknya menjadi pertimbangan Bupati Gunungkidul, untuk menonaktifkannya sebagai pejabat. Langkah ini penting dilakukan, agar tersangka kebih fokus dengan masalah hukum yang dihadapi. "Sungguh Ironis. Semestinya bupati menonaktifkan agar fokus dengan perkara hukum yang dihadapi," ulasnya.

Dari catatan JCW, kasus korupsi di RSUD Wonosari ditangani Polda DIY dengan menetapkan dua tersangka. Meski demikian dua tersangka hingga kini tidak dilakukan penahanan. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY menyatakan, kerugian negara atas kasus ini senilai Rp470 juta.

Tindak pidana korupsi ini dengan modus jasa pelayanan medis RSUD Wonosari tahun anggaran 2015 yang berasal dari uang pengembalian jasa dokter, laboratorium pada tahun 2009-2012, dan uang kas biaya umum RSUD Wonosari. "Kami berharap Kejati DIY segera melimpahkan berkas kasus tersebut ke Pengadilan Tipikor Yogyakarta, dan melakukan penahanan terhadap kedua tersangka," tandas Bahar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)