COVID-19 Menggila di Jabar, 10 Armada Dikerahkan Benahi Pasokan Oksigen di Rumah Sakit

Jum'at, 02 Juli 2021 - 14:30 WIB
loading...
A A A
"Diharapkan skill UBJ nanti bisa mengatur pengiriman oksigen ke rumah sakit," ujar Hanif. Untuk membantu proses kelancaran suplai oksigen ini, pihaknya mengerahkan 10 armada truk yang bersiaga untuk mendistribusikan oksigen ke rumah sakit-rumah sakit rujukan COVID-19.



"Kami siapkan SDM dan armada, posisi Jasa Sarana disini sebagai back up system. Pengambilan oksigen bisa fokus di Jawa Barat atau jika darurat mengambil ke luar Jawa Barat kami siap," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, pihaknya berupaya menjamin ketersediaan oksige n, khususnya bagi pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di tengah lonjakan kasus COVID-19 di Provinsi Jabar.

Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, ketersediaan oksigen di Jabar sebenarnya memadai. Namun, diakuinya, manajemen distribusi oksigen ke rumah sakit-rumah sakit perlu perbaikan.



Oleh karenanya, kata Kang Emil, Pemprov Jabar kini fokus memperbaiki manajemen distribusi oksigen ke rumah sakit-rumah sakit di Jabar. Pasalnya, ada daerah yang mengalami defisit, tapi ada juga daerah yang surplus oksigen.

"Neraca antar daerah sedang kami perbaiki. Jadi secara provinsi memadai, tapi kalau ada satu daerah yang mengalami kekurangan, kita ambil dari daerah yang punya keluangan suplai oksigen ," kata Kang Emil dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Pihaknya pun sudah menginstruksikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jasa Sarana untuk menyusun manajemen suplai oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit di Jabar. "Sudah kami tugaskan BUMD di Jabar, yaitu Jasa Sarana sebagai tim yang melakukan manajemen suplai dari oksigen untuk seluruh rumah sakit-rumah sakit di Jabar. Sehingga, kami punya data daerah mana yang kelebihan, daerah mana yang kekurangan, kita bisa subsidi silang melalui manajemen seperti ini," jelasnya.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)