Misteri Gunung Kelud dan Dendam Cinta Lembu Suro yang Bertepuk Sebelah Tangan

Senin, 25 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
Misteri Gunung Kelud dan Dendam Cinta Lembu Suro yang Bertepuk Sebelah Tangan
Anak Gunung sebelim meletus. Foto diambil tahun 2013.
A A A
CUACA di wilayah Tempel Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mendadak redup saat abu vulkanik Gunung Kelud mendarat pukul tujuh pagi. Warga sontak mengurungkan niat berangkat ke ladang. Di atas genting rumah mereka, pasir lembut berwarna putih mengguyur tak putus putus. Hujan debu.

"Mbah Kelud lagi menyapa Merapi," tutur Ny Rosmiati (67) yang saat itu langsung menghubungi sanak kerabatnya di Blitar, Jawa Timur. Pasir lembut bertebaran di mana-mana. Di rumah-rumah. Di pepohonan. Di jalan-jalan. Menempel pada kaca dan bodi kendaraan yang berlalu-lalang.

Karena tidak kuat menahan beban, talang-talang air berbahan paralon, pada ambrol. Begitu juga plafon rumah. Tidak sedikit yang jebol. Daun dan buah salak yang menjadi tanaman andalan di Tempel, Sleman, juga tidak luput dari sasaran. Tidak sedikit yang rebah sekaligus memutih. Baca Juga: Perhutanan Sosial Dihambat, Petani Kelud Kediri Geruduk Perhutani

Dengan menyodorkan berbagai bukti catatan historis, Pemkab Blitar menggugat. Polemik gunung setinggi 1.731 meter di atas permukaan laut (Mdpl) tersebut, dibawa ke pusat dan Kemendagri memutuskan status quo hingga hari ini.

"Ya biar diambil Kediri beserta abu abunya," kata Khamim yang mengaku masih jengkel ketika mengingat polemik itu. Pada erupsi 13 Februari 2014, wilayah Kediri terdampak parah. Sepanjang jalan Kabupaten Kediri, yakni mulai perbatasan Kabupaten Blitar hingga wilayah Kediri, penuh dengan pasir Kelud.

Di sepanjang jalan banyak dijumpai rumah serta bangunan fasilitas umum yang lantak. Kelud betul-betul mengamuk. Jalan Doho, yang merupakan jalur utama sekaligus pusat keramaian Kota Kediri, berubah menjadi lautan pasir. Seluruh pemilik toko seketika berhenti jualan. Aktifitas ekonomi lumpuh total.

Sementara di wilayah Blitar Raya, pemandangan justru sebaliknya. Abu vulkanik Kelud hanya menyaput tipis. Seolah sedang tidak terjadi apa apa. "Padahal pada saat erupsi tahun 1990, kondisi di Blitar lebih parah. Tebal pasir di jalan raya di atas mata kaki orang dewasa," tutur Khamim.

Spekulasi yang berkembang, karena lontaran yang kelewat dahsyat, wilayah Blitar yang berlokasi lebih dekat, justru terlewat. Yang terdampak parah justru wilayah lebih jauh. Kasak kusuk yang bergulir di sebagian masyarakat Blitar, itu semua akibat ingin merebut Kelud dari Blitar.

Proses pengambilalihan tersebut kabarnya berlangsung di Yogyakarta. "Karenanya yang terdampak parah Kediri dan Yogya," kata Khamim. Merunut sejarahnya, Gunung Kelud sudah puluhan kali mengalami erupsi. Di periode awal letusan, tidak sedikit korban berjatuhan. Baca Juga: Jarak pandang terbatas, transportasi di Kota Solo terganggu

Dalam Ensiklopedi Indonesia terbitan Ichtiar Baru- Van Hoeve tahun 1982, erupsi Kelud pada tahun 1919 disebut menelan korban jiwa 5.110. Letusan tahun 1966 mengakibatkan 25 desa hancur, dan 282 orang warga meninggal dunia. Lahar panas meluncur sejauh 31 km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)