Misteri Gunung Kelud dan Dendam Cinta Lembu Suro yang Bertepuk Sebelah Tangan

Senin, 25 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Betapa kagetnya Kilisuci, begitu menyaksikan Lembu Suro dan Mahesa Suro ternyata sanggup memenuhi permintaannya. Dalam waktu semalam, kedua sumur tercipta. Di tengah rasa panik akal liciknya muncul.

Kilisuci menyatakan tidak percaya air dalam sumur beraroma wangi dan amis. Ia meminta Lembu Suro dan Mahesa Suro membuktikan dengan mencebur ke dalamnya. Karena sudah dibakar nafsu, kedua manusia sakti tersebut tidak sadar tengah diperangkap.

Begitu masuk ke dalam sumur, Kilisuci cepat cepat memerintahkan prajurit Jenggala untuk menimbun sumur dengan bebatuan. Dalam kisah yang menyebar getok tular itu, Lembu Suro sempat berteriak meminta tolong. Namun para prajurit Jenggala tidak berhenti menimbunkan batu.

Di tengah putus asa karena merasa telah dicurangi, Lembu Suro melontarkan sumpah serapahnya (kutukan). Dari dalam sumur yang berada di puncak Gunung Kelud, sumpah kutukan tersebut terdengar menggema. Didengar Dewi Kilisuci serta seluruh prajurit Jenggala.

"Yoh, Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping, yaiku Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung bakal dadi kedung" (Wahai orang orang Kediri, suatu saat akan mendapatkan balasanku berkali kali. Kediri bakal jadi sungai, Blitar rata dengan tanah, dan Tulungagung jadi lubuk).
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)