Sejumlah Pejabat Positif COVID-19, Pjs Bupati Blitar Ikut Diswab

Rabu, 02 Desember 2020 - 11:08 WIB
loading...
Sejumlah Pejabat Positif COVID-19, Pjs Bupati Blitar Ikut Diswab
Ilustrasi tes swab.Foto/dok
A A A
BLITAR - Pejabat sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santoso harus menjalani swab test COVID-19. Hal itu menyusul ditemukannya sejumlah pejabat di Kabupaten Blitar terkonfirmasi positif COVID-19. Para pejabat yang dinyatakan positif COVID-19 diantaranya adalah Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Asisten 1 dan Kabag Umum.

"Yang sempat bersama Pak Kadis (Kominfo) semua ditracing dan diswab, termasuk Pak Pjs (Pjs Bupati Blitar)," ujar Juru Bicara Dinas Kominfo Pemkab Blitar Murlina menjawab Sindonews.com melalui WhatsApp Rabu (2/12/2020). Di lingkungan dinas kominfo sendiri ada enam orang yang positif. Empat orang diantaranya berstatus orang tanpa gejala (OTG), termasuk Kadis Kominfo.

(Baca juga: Akun Medsos Milik Anggota DPRD Ditengarai Jadi Penyerang Cawabup Blitar )

Sedangkan dua orang lainnya mengalami gejala sakit. Hingga saat ini belum diketahui dari mana mereka terpapar COVID-19 untuk pertama kalinya. "Yang OTG dikarantina di gedung LEC Garum," tambah Murlina. Sementara untuk swab Pjs Bupati Blitar, hasilnya telah keluar. Yakni dinyatakan negatif. Sempat muncul kabar, dalam klaster baru ini, Sekda Kabupaten Blitar juga ikut diswab.

Karena dianggap juga berkontak erat. Namun hal itu langsung dibantah oleh Murlina. "Kalau Pak Sekda tidak (tidak ikut diswab)," jelas Murlina. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti membenarkan adanya pejabat yang terkonfirmasi positif. Namun secara keseluruhan ada empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditutup sementara (lockdown).

Keempatnya adalah Dinas Kominfo dengan enam kasus positif, Dinas sosial tiga kasus positif, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Koperasi masing masing satu kasus positif. Kemudian juga ada lockdown yang hanya berskala ruangan. "Lockdown tiga hari. Dan langsung dilakukan penyemprotan desinfektan," ujar Krisna Yekti.

(Baca juga: Pengamat Imbau Penerapan Sekolah Tatap Muka Perlu Dikaji Ulang )

Klaster positif baru di lingkungan Pemkab Blitar ini diakui juga sudah terjadi transmisi lokal. Seperti di DLH, kata Krisna Yekti, sudah menulari istri dan anak kepala dinas. Hingga saat ini ada seratus lebih ASN yang sudah menjalani swab test. Dari jumlah tersebut, kata Krisna Yekti baru keluar sekitar 70 an.

Yakni termasuk yang terkonfirmasi positif COVID-19. "Hampir seluruh eselon dua juga diswab. Termasuk Pak Pjs (Pjs Bupati Blitar). Hasilnya negatif," terang Krisna Yekti. Hingga saat ini tracing masih terus berjalan. Krisna Yekti juga belum bisa memastikan dari mana sumber penularan tersebut berasal.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)