6 Warga Blitar Terjangkit Kusta, Pemerintah Minta Tidak Ada Pengucilan

Rabu, 01 Februari 2023 - 07:05 WIB
loading...
6 Warga Blitar Terjangkit Kusta, Pemerintah Minta Tidak Ada Pengucilan
Pemkab Blitar minta tidak ada pengucilan terhadap enam warga yang terjangkit kusta.Foto/ilustrasi
A A A
BLITAR - Pemerintah Kabupaten Blitar Jawa Timur meminta masyarakat untuk tidak mengucilkan penderita penyakit kusta atau lepra. Ada 6 orang penderita kusta di Kabupaten Blitar yang hingga kini masih dalam proses pengobatan.

“Masyarakat tidak perlu mengucilkannya,” ujar Subko Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Eko Wahyudi kepada wartawan Selasa (31/1/2023).

Penyakit kusta atau lepra diketahui sebagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Bakteri ini biasa menyerang selaput lendir, syaraf tepi dan kulit.

Kalau tidak tertangani dengan baik, kusta bisa menimbulkan kerusakan permanen pada kulit. Eko tidak menampik jika kusta memiliki sifat menular, yakni melalui percikan droplet atau percikan cairan saluran pernafasan penderita.

Baca juga: Parah! Pemuda Ini Setubuhi Mayat Korban

Dari ludah atau dahak batuk penderita, orang sehat memang bisa terjangkit. Kemudian karena tahu kusta bisa menular, tidak sedikit warga lantas menjaga jarak berlebihan. Bahkan ada yang sampai mengucilkannya.

Eko menghimbau tindakan pengucilan kepada penderita kusta tidak terjadi di Kabupaten Blitar. “Sebab kusta juga bisa sembuh,” ungkapnya.

Menurut Eko, sebanyak 6 orang penderita kusta di Kabupaten Blitar diketahui sejak tahun 2022. Semua penderita dalam pantauan tenaga kesehatan. Agar sembuh, mereka diminta tetap melanjutkan pengobatan secara rutin.

Sesuai jenis kusta dan tingkat keparahannya, kata Eko pengobatan kusta bisa dilakukan selama 12 bulan. “Dan pengobatan kusta ini dipastikan gratis, ditanggung pemerintah,” pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3153 seconds (0.1#10.140)