Kisah Kromo Setan dan Huru Hara Laskar Minyak Cepu-Bojonegoro

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Di masa revolusi fisik itu, muncul tiga perusahaan minyak buruh atau di bawah penguasaan laskar minyak. Yakni di Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara. Karena kilang minyak terdekat ada di Cepu, Jawa Tengah, laskar minyak yang menguasai kawasan Wonocolo, Bojonegoro masuk dalam koordinasi Jawa Tengah.

Laskar minyak menolak mengembalikan kilang dan sumur minyak ke Belanda. Mereka juga tahu, pasukan revolusioner sangat membutuhkan minyak tanah dan bahan bakar untuk penerbangan dan kendaraan bermotor. "Termasuk di Wonocolo katanya juga dijaga laskar minyak pimpinan Kromo Setan," papar Teguh.

Begitu menjejakkan kaki di Indonesia, Belanda langsung melancarkan agresi militernya. Yakni tahun 1947 dan diulang tahun 1949. Cerita kematian Kromo Setan simpang siur. Ada yang menyebut dibunuh Belanda dalam agresi militer, dan karena kebal senjata ia disiksa secara kejam. "Katanya dibunuh Belanda. Termasuk para pengikutnya juga ditangkap," kata Teguh.

Pada tahun 1946, di Cepu Jawa Tengah, berdiri organisasi Serikat Buruh Minyak (SBM). Sebagian besar pekerja kasar kilang Cepu dan sumur minyak Wonocolo dan Kawengan yang dulunya para pengikut laskar minyak, bergabung menjadi anggota SBM. Saat itu pemerintah Indonesia juga membentuk badan yang bernama Perusahaan Tambang Minyak Nasional (PTMN).

Kegiatan PTMN mengawasi kilang Cepu dan sumur minyak tua milik Shell di Kawengan dan Wonocolo. Sementara dengan berdirinya kantor pusat PKI (Partai Komunis Indonesia) di Yogyakarta pada 1947, haluan politik SBM langsung condong ke kiri. SBM menjadi basis massa PKI di sektor minyak.

Disebutkan dalam buku Pertamina, Perusahaan Minyak Nasional, terbitan 1986, bagian utara pulau Jawa ini merupakan daerah tandus dan miskin dan secara tradisional tempat PKI merekrut orang-orangnya. "Pertengahan tahun 1948, hampir setengah dari pekerja di Cepu menjadi anggota SBM yang dengan gigih mendukung FDR".

FDR atau Front Demokrasi Rakyat adalah organ aliansi bentukan PKI yang di dalamnya bergabung berbagai serikat buruh berhaluan kiri. Tidak lama dari kepulangan Muso dari Uni Sovyet, kilang Cepu dengan sumur minyak di kawasan Kawengan dan Wonocolo menjadi rebutan FDR-PKI dengan republik.

Saat pemberontakan Madiun meletus (September 1948), kaum buruh kiri SBM menduduki sejumlah tempat di kawasan kilang minyak. Termasuk juga ladang minyak di Kawengan dan Wonocolo. Pertempuran dahsyat tak terelakkan. Selama dua hari kedua belah pihak saling baku serang. Banyak rakyat tewas karena terperangkap medan perang.

Datangnya pasukan Siliwangi dari Madiun membuat pasukan pemberontak dan kaum buruh kiri SBM semakin terpojok yang kemudian berakhir dengan penumpasan. Sebelum terbunuh atau menyerah, para pemberontak sempat merusak kilang minyak. Versi lain cerita kematian Kromo Setan menyebut, gembong laskar minyak tersebut ikut terbunuh dalam aksi penumpasan peristiwa September 1948.

Sementara hingga saat ini sumur sumur minyak di kawasan Wonocolo tersebut masih beroperasi. Sumur yang berjumlah sekitar 700 an unit, dan dioperasikan dengan cara manual itu, sebagian besar masih mengalirkan minyak. Tiang tiang pancang kayu jatinya masih berdiri tegak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)